Wawako Buka MTQ ke-XI Tingkat Kota Dumai

Wawako Buka MTQ ke-XI Tingkat Kota Dumai
Wawako Dumai, Agus Widayat membuka MTQ tingkat Kota Dumai (foto sr)

Dumai - Wakil walikota Dumai, H. Agus Widayat secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XI tahun 2014 tingkat kota Dumai. MTQ ini dipusatkan di masjid Taqwa di jalan Jenderal Sudirman, kelurahan Dumai Kota, kecamatan Dumai Kota, Senin (20/10) malam.

Kegiatan tersebut  mengusung thema "Dengan MTQ Kita lahirkan Insan Qurani Yang Berkualitas dan Mampu Mengamalkan Al Quran Dalam Kehidupan", Pembukaan MTQ itu ditandai dengan penekanan tombol serine dan penyerahan piala bergilir dari Dumai Barat selaku pemegang juara MTQ ke X tahun 2013 lalu, kepada Wawako Dumai H. Agus Widayat, yang kemudian diserahkan kepada ketua panitia MTQ ke XI 2014 untuk diperebutkan kembali.

Ketua pelaksana Drs. H. Mukmin menyampaikan, bahwa pada kegiatan MTQ ke XI tingkat Kota Dumai ini diikuti sebanyak 133 orang peserta dari tujuh Kecamatan yang ada di kota Dumai. Masing-masing kecamatan mengirim utusan, di antaranya Dumai Barat mengirim sebanyak 18 orang, Dumai Timur 23 orang, Dumai Selatan 20 orang, Bukit Kapur 12 orang, Medang Kampai 19 orang, Dumai Selatan 19 orang, dan  Dumai Kota 20 orang, serta LPTQ kota Dumai 2 orang peserta.

"MTQ ini dilaksanakan selama 5 (Lima) hari, mulai dari tanggal 20 hingga 24 Oktober 2014 mendatang. Adapun cabang-cabang yang diperlombakan, yakni Tilawah, Tahfiz Quran, Syarhil Quran, Khattil Quran, serta Musabqah Makalah Quran," jelasnya.

Dikatakannya, kegiatan MTQ ke XI tahun 2014 ini dibiayai oleh anggaran yang bersumber dari rencana kegiatan LPTQ kota Dumai yang dihibahkan oleh Pemko Dumai dalam anggaran APBD tahun 2014, "Tujuan dilaksanakan MTQ tingkat kota Dumai ini untuk melahirkan

Insan Qurani yang berkualitas dan mampu mengamalkan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari, dan Mewujudkan kecintaan dan kedekatan terhadap Quran dalam bentuk sikap dan prilaku gemar mengaji di tengah-tengah umat Islam, serta Mempersiapkan Khafilah kota Dumai yang berkualitas dalam menghadapi MTQ tingkat Provinsi Riau tahun 2014 di Tembilahan Kabupaten Indra Giri Hilir (Inhil) bulan November mendatang,"jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Dumai Drs. H. Darawi, MA mengatakan, bahwa MTQ ini merupakan program pemerintah mulai dari pusat sampai ke daerah-daerah. Kegiatan ini dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. "Hal ini menunjukan pemerintahan kota Dumai mempunyai komitmen untuk memasyarakatkan Al quran," ujarnya.

Kemenag kota Dumai sangat menyambut baik dengan digelarnya kegiatan MTQ tingkat kota Dumai ke XI tahun 2014, karena ini adalah salah satu gebrakan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang bacaan Al quran, memahami dan sekaligus mengamalkannya.

"Kegiatan MTQ ini tidak hanya mengharapkan dapat menghasilkan insan-insan qurani, tetapi MTQ ini juga harus dapat menjadi ajang mendidik akhlak dan membentengi hal-hal yang negative di kalangan masyarakat kota Dumai," harapnya.

Wakil Walikota Dumai, H. Agus Widayat mengungkapkan rasa bangga karena dapat hadir bersama-sama di tengah-tengah kaum muslim dan muslimat dalam rangkaian acara pengembangan syiar islam di kota Dumai, yakni kegiatan MTQ ke XI tahun 2014. Dan ia berharap dengan adanya kegiatan ini kedepannya dapat mewujudkan masyarakat yang Islami dengan kekuatan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan Implementasi kepdulian ummat Islam untuk senantiasa berupaya kembali memahami nilai-nilai hakiki ajaran Islam secara kaffah. Hal ini sangat penting, mengingat seluruh aktivitas kita harus bersandar kepada aqidah Islam yakni berpedoman kepada Al quran dan Sunnah Rasulullah SAW, "Dengan dikumandangkannya ayat-ayat suci Al quran oleh Qori dan Qoriah selama pelaksanaan MTQ ini nantinya dapat membawa kesejukan dan ketenteraman dalam kehidupan kita di kota Dumai ini, Amin," ucapnya.

Sebagaimana kita ketahui bersama, lanjut Agus Widayat, bahwa Al quran merupakan pedoman hidup bagi ummat manusia yang diberika oleh Allah SWT kepada Nabi Besar Muhammad SAW dimana Al quran memiliki kandunagn yang luas tentang kehidupan masa lalu, kini, dan kehidupan masa yang akan datang. "Keseluruhan kandungan Al qur'an memuat kebenaran yang mutlak, berlaku untuk seluruh ummat manusia, tidak lekang oleh waktu dan berlaku universal," sebutnya.

Dikatakan  Wawako, rangkaian pelaksanaan MTQ yang selama ini dilaksanakan mulai dari tingkat RT, Kelurahan, dan Kecamatan hingga tingkat kota, telah menjadi suatu agenda keagamaan yang tumbuh subuh ditengah-tengah masyarakat. Namun demikian, kita tetap tidak menghendaki bahwa kegiatan MTQ tersebut hanya merupakan ajang Seremonial belaka.

"Oleh karena itu, saya berharap MTQ yang kita selenggarakan kali ini dapat men-stimulasi kita untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik serta menghidupkan kembali ajaran dan nilaimurni dalam Al qur'an. Selain itu, untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan ummat Islam," harapnya.

Pada kesempatan itu juga, Agus Widayat atas nama pemerintah Kota Dumai mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak penyelenggara MTQ tingkat kota Dumai ke XI tahun 2014 serta masyarakat yang telah berperan aktif dalam menyukseskan pelaksanaan MTQ ini. Mudah-mudahan Allah  SWT memberikan ganjaran pahala kepada kita semua, dan saya do’akan agar kegiatan MTQ dapat berjalan lancar," ucapnya.

Terakhir, Wawako mengucapkan selamat kepada peserta yang mengikuti ajang MTQ tingkat kota Dumai ini. Ia juga minta, tunjukanlah partisipasi masing-masing peserta serta tanamkan niat, bahwa saudara ingin mencapai tingkat yang terbaik di dalam membaca Al qur'an yang seterusnya akan diabadikan untuk keharuman dan kebesaran agama serta kesucian Al qur'an.

Kepada ketua dan anggota dewan hakim yang bertugas, Agus Widayat  berpesan supaya dapat memberikan penilaian dengan sebaik-baiknya. Sehingga di ajang MTQ ini benar-benar melahirkan Qori-Qoriah yang memiliki prestasi. "Semoga Allah SWT memberikan ganjaran pahala yang berlipat ganda," pungksnya.

Pembukaan MTQ tersebut, dihadiri Sekdako Dumai H. Said Mustafa dan istri, Kakan Kemenag Kota Dumai H. Darawi, Ketua harian LAMR Dumai Darwis Ismail, Kejari Dumai Eko Siwi Iriani, Kapolres Dumai AKBP, Dandim 0303 Bengkalis, Istri Wawako Dumai Hj, Onny Chairunisyah Widayat, Para Kepala SKPD di lingkungan Pemko Dumai, Camat dan Lurah se-Kota Dumai. Selain itu hadir juga Ketua LAMR Riau H. Tenas Effendi, Anggota DPRD Dumai Syahrial Mini dan undangan lainnya. (SR)

#Musabaqah Tilawatil Quran

Index

Berita Lainnya

Index