Cara Alami Hilangkan Kebiasaan Tidur Mendengkur

Cara Alami Hilangkan Kebiasaan Tidur Mendengkur
Ilustrasi @Shutterstock

Wahanariau.com - Sebagian orang pernah mendengkur saat tidur. Bagi pendengkur, kondisi ini mungkin tidak mengganggu tidur. Namun yang mendengarkan bisa sangat terganggu.

Mendengkur terjadi karena getaran pada struktur pernapasan sehingga menghasilkan suara, baik lembut atau keras. Suara yang dihasilkan pun terkadang bisa begitu mengganggu indera pendengaran. Aktivitas yang dikenal juga dengan istilah ngorok ini biasanya disebabkan oleh obesitas, minuman keras, mengonsumsi obat tidur, posisi tidur tertentu, merokok, atau kelainan pada hidung dan tenggorokan.

Gangguan tidur ini juga erat kaitannya dengan beberapa penyakit kronis seperti stroke, tekanan darah tinggi, obesitas, dan penyakit jantung.

Demi menjaga ketenangan orang di sekitar terhindar dari bahaya-bahaya tersebut, Anda harus segera menanggulangi kebiasaan buruk ini. Menurut Alodokter, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan. Berikut di antaranya.

Ubah Posisi Tidur
Menurut sebuah penelitian, tidur dengan posisi terlentang membuat Anda untuk mendengkur. Hal itu terjadi karena tidur dengan bertumpu pada punggung bisa membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak pada mulut menutupi dinding tenggorokan. Sehingga menyebabkan getaran suara saat tidur. Untuk mengantisipasinya, cobalah tidur dengan posisi menyamping.

Tidur Yang Cukup
Kurang tidur atau memiliki jadwal tidur yang buruk bisa memicu Anda untuk mendengkur. Contohnya Anda terlalu sibuk bekerja hingga lupa meluangkan waktu yang cukup untuk tidur. Ketika Anda sudah mencapai titik kelelahan yang sangat parah, kondisi otot-otot akan berubah menjadi tidak tegang sehingga membuat Anda  tidur mendengkur.

Berita Lainnya

Index