Tidak Layak Dikonsumsi

Bulog dan Dinas Sosial Bagikan Raskin Berkutu

Bulog dan Dinas Sosial Bagikan Raskin Berkutu
Ilustrasi Beras Berkutu ©Internet

DUMAI - Jatah beras untuk rakyat miskin (raskin) di Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Dumai Kota dikeluhkan warga karena berasnya berkutu dan warnanya sudah menghitam sehingga tidak layak dikonsumsi.

Penegasan ini secara langsung disampaikan warga melalui Ketua RT 05 Kelurahan Sukajadi, Samsumar alias Kamek, Jumat (22/7/2016). "Warga penerima jatah raskin protes kepada saya karena beras yang diterima berkutu dan menghitam," tegasnya.

Menindaklanjuti protes itu, kata dia, warga penerima raskin datang ke rumah membawa barang bukti beras berkutu yang tidak layak konsumsi itu. "Saya mewakili warga datang ke Kelurahan Sukajadi, untuk melaporkan masyarakat ini," ujarnya.

Setiba di Kantor Lurah, kata dia, rupanya Lurah Sukajadi tidak berada di tempat dan hanya ketemu anggotanya. Sesuai keterangan pegawai Kelurahan Sukajadi, Linda sudah menolak dari awal beras raskin tersebut.

"Sebenarnya kami sudah menolak raskin ini dan melayangkan surat penolakan, tapi Bulog dan Dinas Sosial memaksa kami untuk coba membagikan raksin kepada warga. Beras itu sampai di Kelurahan pada Rabu, kemarin," kata Samsumar menirukan pengakuan pegawai kelurahan, seperti dikutip dari riaupembaruan.com.

Terpisah Ketua RT 08 Kelurahan Sukajadi, Erpindo mengungkapkan hal yang sama. Malah tragisnya lagi, pengakuan pegawai Kelurahan Sukajadi tersebut Kepala Bulog Dumai juga mengonsumsi beras yang dibagikan kepada warga tersebut setiap hari.

"Saya saja mengonsumsi beras itu. Jadi kami selaku Ketua RT tidak bisa berbuat banyak atas jawaban kepala Bulog Dumai, sebagaimana disampaikan pegawai kelurahan tersebut," kata Pindo, yang dirilis dari riaupembaruan.com secara terpisah. 

Sumber : Riaupembaruan

Berita Lainnya

Index