Desember Pembangunan Fisik Rel Kereta Api Pekanbaru-Dumai Dimulai

Desember Pembangunan Fisik Rel Kereta Api Pekanbaru-Dumai Dimulai
Ilustrasi ©Rimanews

PEKANBARU (WR) - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau menargetkan akhir tahun ini pembangunan fisik Rel Kereta Api Pekanbaru-Dumai sudah bisa dimulai. Target itu bukan tanpa dasar, karena pihak Dishub tengah melakukan konsultasi publik untuk mendapatkan kesepakatan antara pemerintah dan pemilik lahan.

"Sekarang masih rangka konsultasi publik. Kita maunya Desember sudah ada bangunan fisik meski itu 1 atau 2 kilometer. Artinya selesai pembebasan bangun secara bertahap," kata Kepala Dishub Provinsi Riau, Rahmad Rahim kepada wartawan, Senin (8/8/2016) di Kantor Gubernur Riau.

Menurutnya, hingga saat ini belum ada ditemukan petak tanah yang bermasalah. Dengan begitu, diharapkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) segera menender tim apresial, siapa yang akan melakukan pembangunan proyek nasional itu.

"Nah, setelah ini baru Gubernur Riau mengeluarkan izin penetapan lokasi (Penlok) pembangunan rel. Atas dasar itu Kemenhub akan menghubungi BPN. Namun besar ganti rugi lahan ditentukan tim apresial, tapi sejauh ini belum ada ditemukan pemilik tanah yang keberatan," terangnya.

Sumber : faktariau

Add Friend

Berita Lainnya

Index