Energi Baru dan Terbarukan

Versi Dosen ITB, Berikut Lima Nama Dinilai Layak Masuk Bursa Calon Menteri ESDM

Versi Dosen ITB, Berikut Lima Nama Dinilai Layak Masuk Bursa Calon Menteri ESDM

JAKARTA (WR) - Diberhentikannya Arcandra Tahar sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) karena kasus kewarganegaraannya memunculkan pertanyaan, kemampuan apa yang sesungguhnya dibutuhkan untuk seorang Menteri ESDM. 

Dosen Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (ITB) Agung Wicaksono, berpendapat, Arcandra dipilih karena memiliki talenta kelas dunia dengan dihasilkannya paten pada bidang minyak dan gas bumi (migas) hasil penelitiannya. 

Padahal, kata Agung, jika dicermati secara dalam bukan solusi pada tingkatan teknis semacam itu yang diperlukan untuk mengelola sektor energi di tingkat menteri. Tetapi, lanjutnya, pengalaman untuk menyusun dan melaksanakan kebijakan sektor energi di lapangan, terutama dalam membangun infrastruktur energi yang diperlukan Indonesia. 

"Bukan seorang ahli spesialis di bidang teknis. Namun seseorang dengan passion dan competence di sektor energi yang telah membuktikan sukses mengelola sebuah perusahaan atau organisasi yang membangun infrastruktur energi, di dalam suasana lingkungan Indonesia yang penuh dengan tantangan regulasi dan mengelola pemangku kepentingan, dengan tetap berpegang pada integritas," kata Agung, seperti yang dilansir kompar.com, Sabtu (21/8/2016)

Selain itu, sambung Agung, era migas di masa depan semakin lama semakin habis. Sebaliknya, energi terbarukan akan semakin penting, terutama di Indonesia yang memiliki begitu banyak potensi. 

Menurut Agung, pola berpikir serta bekerja yang terbiasa dan akan mengutamakan energi baru dan terbarukan (EBT) sangat penting dimiliki oleh pemimpin sektor ESDM ini, jika memang Presiden Jokowi akan memenuhi komitmennya mengedepankan energi terbarukan. 

"Kompetensi teknis di bidang migas seperti yang dimiliki Arcandra penting untuk Indonesia, namun bukan pada tataran pengambil kebijakan dan penegak tatakelola energi di tengah desakan pemangku kepentingan," ucapnya. 

Agung menambahkan, dengan kriteria di atas dan kebutuhan keberpihakan terhadap EBT, ada beberapa nama yang ia anggap memenuhi syarat dan layak dipertimbangkan.

Berikut Biografi nama yang di anggap memenuhi syarat dan layak dipertimbangkan, seperti yang dikutip kompas.com.

Lanjut halaman berikutnya. 

Add Friend

Berita Lainnya

Index