Gagal Menambah Poin

Keluhkan Kualitas Ban, Lorenzo Sebut Kru Tak Paham

Keluhkan Kualitas Ban, Lorenzo Sebut Kru Tak Paham
Jorge Lorenzo

MotoGP CEKO (WR) - Jorge Lorenzo sampai harus dua kali mengganti motor untuk mensiasati masalah pada ban motornya. Tapi itu tak banyak membantu dan dia tetap harus finis tanpa mendapatkan poin.

Pemilihan ban menjadi sangat menentukan dalam balapan MotoGP Republik Ceko yang berlangsung di lintasan basah. Karena perjudian dalam memilih ban Cal Crutchlow akhirnya bisa menjadi juara di sana, sementara Valentino Rossi berhasil menuntaskan balapan di posisi dua berkat kombinasi ban lunak dan ban keras pada tunggangannya.

Meski finis di atas podium, kedua pebalap itu mengawali race dengan sangat buruk. Mereka terlempar jauh ke belakang dibanding posisi start masing-masing akibat daya cengkram motor tidak maksimal. Itu terjadi sampai sekitar separuh balapan, karena belakangan mereka pengguna ban hard justru diuntungkan menjelang race tuntas.

Untuk Lorenzo, dia sebenarnya memakai kombinasi ban yang sama dengan Rossi yakni perpaduan ban basah soft di bagian depan dan ban basah hard di belakang. Tapi saat Rossi jadi runner up, Lorenzo justru hanya bisa finis di urutan 17. Itu terjadi karena Lorenzo sempat dua kali mengganti motor.

Saat catatan waktunya mulai membaik, sebagaimana Rossi dan Crutchlow di 10 lap terakhir balapan, Lorenzo justru memilih masuk ke pit dan mengganti motor yang menggunakan ban kering. Padahal Lorenzo ketika itu sudah masuk lagi ke posisi 10 besar. Perjudian di tujuh lap sebelum finis itulah yang membuat Lorenzo mengalami penurunan posisi. Kru Lorenzo di pit terlihat kebingungan dengan keputusan Lorenzo mengganti motornya.

Add Friend

#MotoGP

Index

Berita Lainnya

Index