NATO Kerahkan Pasukan ke Perbatasan Rusia, Sinyal Perang Global...?

NATO Kerahkan Pasukan ke Perbatasan Rusia, Sinyal Perang Global...?
Ilustrasi

LONDON (WR) - Ketegangan yang dialami dunia kian nyata. Militer Inggris mengerahkan ratusan pasukan ke Eropa Timur, mendukung upaya Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) untuk meningkatkan kehadirannya di kawasan tersebut dalam rangka menghadapi provokasi pihak Rusia.

Dalam pembangunan kekuatan militer terbesar di Eropa Timur sejak era Perang Dingin, Inggris menyatakan siap mengirimkan jet-jet Typhoon milik Angkatan Udara atau Royal Air Force ke Romania hingga empat bulan pada tahun 2017.

Menteri Pertahanan Michael Fallon juga mengonfirmasi bahwa 800 personel akan dikirim ke Estonia, lebih banyak dari rencana semula yang hanya 150 tentara.

"Didukung naiknya anggaran pertahanan, pengerahan kekuatan tempur udara, darat, dan laut menunjukkan bahwa kami akan terus memainkan peran utama dalam NATO, mendukung pertahanan dan keamanan sekutu kami dari utara dan selatan," kata Fallon, seperti dikutip dari CNN, Kamis (27/10/2016).

Hal tersebut diumumkan sepekan setelah kapal perang Rusia, yang sedang dalam perjalanan ke Suriah, melewati dekat perairan yang menjadi teritorial Inggris.

Sementara pada Rabu 26 Oktober lalu, Rusia membatalkan permintaan bagi armada kapal perangnya, termasuk kapal induk Admiral Kuznetsov untuk mengisi bahan bakar di Pelabuhan Ceuta, Spanyol dalam perjalanan menuju Suriah.

Kementerian Luar Negeri Spanyol mengatakan, Kremlin menarik permintaannya setelah pihaknya meminta klarifikasi kepada Kedubes Rusia di Madrid, soal apakah armada tersebut akan berpartisipasi dalam operasi militer untuk mengepung Aleppo di Suriah.

Peran Rusia dalam konflik Suriah telah memperburuk hubungan negara itu dengan NATO yang diawali aneksasi wilayah Crimea dari Ukraina pada 2014.

Berita Lainnya

Index