Ini Alasan Status Polda Riau Naik Menjadi Tipe A

Ini Alasan Status Polda Riau Naik Menjadi Tipe A
Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komisaris Jenderal Syafruddin

PEKANBARU, Wahanariau -- Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komisaris Jenderal Syafruddin meresmikan kenaikan tipe Kepolisian Daerah (Polda) Riau menjadi A. Kegiatan berlangsung di Sekolah Polisi Negara (SPN) di Jalan Patimura yang bakal menjadi Mako Polda Riau dalam beberapa bulan kedepan.

Komjen Syafruddin menyatakan, letak strategis Provinsi Riau yang salah satunya langsung berhadapan dengan Laut Cina Selatan menjadi alasan dan pertimbangan menaikkan tipologi Polda Riau. Kondisi ini disebutnya bisa menimbulkan kontijensi yang perlu penanganan lebih optimal.

"Inilah alasan Presiden Joko Widodo menyetujui perubahan tipe Polda Riau dari B ke A," kata Syafruddin di hadapan Kapolda Riau Brigjen Pol Zulkarnain, puluhan pejabat utama Polda Riau, Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo dan tamu undangan lainnya, Sabtu (12/11/2016) siang.

Selain itu, tambahnya, Riau berbatasan langsung dengan Malaysia. Di mana ada Selat Malaka yang menjadi jalur perdagangan internasional perlu pengawasan lebih ketat untuk menghindari terjadinya kejahatan transnasional.

Kejahatan dimaksud Syafruddin di antaranya penyelundupan, masuknya narkoba‎ dari jalur perairan internasional, kejahatan sumber daya alam dan ancaman kejahatan internasional serta kejahatan konvensional lainnya.

"Riau mempunyai perkembangan strategis secara nasional dan internasional, sehingga diperlukan penanganan secara optimal dan komplek," sebut pria yang pernah bertugas di Riau ini pada medio 93 hingga 97.

Menurut Syafruddin, perkembangan penduduk Riau yang pesat juga menjadi faktor perubahan tipe. Saat ini Riau sudah tercatat mempunyai 7 juta penduduk, sehingga tak berbanding dengan jumlah polisi dengan tipe yang lama.

#Polda Riau

Index

Berita Lainnya

Index