SUDUT PANDANG

Pelabuhan Rakyat Peningkatan Ekonomi dan Nilai Budaya

Pelabuhan Rakyat Peningkatan Ekonomi dan Nilai Budaya
Ilustrasi

WAHANARIAU.COM -- Indonesia merupakan negara kepulauan yang dua per tiga wilayahnya adalah perairan dan terletak pada lokasi yang strategis karena berada di persinggahan rute perdagangan dunia. Sebagai negara kepulauan, peran pelabuhan sangat vital dalam perekonomian Indonesia. Kehadiran pelabuhan yang memadai berperan besar dalam menunjang mobilitas barang dan manusia di negeri ini.

Kebijakan atau rencana Pemko Dumai melalui Dinas Perhubungan (Dishub) dalam mengembangkan Pelabuhan Rakyat tentu saja merupakan angin segar bagi para pengusaha dan pengguna jasa pelabuhan lainnya.

Rencana ini  merupakan bentuk upaya dari pembangunan yang berkesinambungan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, karena di era Pemerintahan Jokowi saat ini ingin mengembangkan dan memanfaatkan potensi maritim sebagai pusat pembangunan ekonomi secara nasional. 

Melalui pembangunan ekonomi dari sector kelautan diyakini akan mampu meningkatkan perekonomian negeri ini secara global.

Selain dari sisi ekonomi, Pelabuhan rakyat juga mengandung nilai-nilai budaya bangsa Indonesia yang terkenal dengan kehandalan para pelautnya.

Disisi lain, Bangsa Indonesia percaya bahwa nenekmoyang bangsa ini merupakan pelaut-pelaut tangguh. Bukti sejarah menunjukkan bahwa kerajaan-kerajaan besar Indonesia sudah mampu berkelana mengarungi lautan untuk berinteraksi dengan bangsa lain.

Hal ini mengingatkan kita akan nyanyian Lagu Nusantara Anak Indonesia “Nenek moyangku seorang pelaut”, begitu juga dengan lagu budaya Melayu “Lancang Kuning”.

Niat baik Pemko Dumai ini dalam mengembangkan dan mempertahankan Pelabuhan rakyat juga merupakan bentuk dari pemanfaatan sumber daya alam yang berbasis kedaerahan yang bermuara pada pembangunan ekonomi kerakyatan seutuhnya.

Kendati masih terbentur perangkat hukum yang mengatur hal tersebut kita sebagai masyarakat Dumai perlu mendukung program rencana Pemko dalam membangkitkan kembali batang terendam pelabuhan rakyat yang semakin terpuruk keberadaannya.

Semoga apa yang direncanakan pemko Dumai malalui Dinas Perhubungan dapat terealisasi, tidak ada istilah tak mungkin jika kita semua elemen masyarakat berjuang bersama dalam mewujudkan impian ini. ***

 

#Editorial

Index

Berita Lainnya

Index