Plt Sekda Buka Pelatihan Jurnalistik

Plt Sekda Buka Pelatihan Jurnalistik

BENGKALIS (WAHANARIAU) - Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, berharap, keberadaan media kampus yang dimiliki, serta setiap karya jurnalistik dipublikasikan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis, benar-benar berfungsi sebagai bagian dakwah amar ma’ruf nahi munkar.

“Untuk mengajak atau menganjurkan hal-hal yang baik dan mencegah hal-hal yang buruk bagi masyarakat. Apalagi saat ini melalui berbagai media, banyak sekali dan dengan mudah masyarakat memperoleh informasi yang tak sesuai kode etik jurnalistik atau berita hoax alias berita bohong,” ujarnya.

Diwakili Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah, H Arianto, harapan itu dikemukakan Amril saat membuka pelatihan jurnalistik dan pelaporan kegiatan administrasi bagi mahasiswa STAIN Bengkalis tahun 2016 di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut, Bengkalis, Jum’at (2/12/2016).

Di bagian lain Amril mengatakan, pelaporan sebuah kegiatan merupakan sarana komunikasi. Sedangkan komunikasi merupakan salah satu unsur administrasi.

“Sesuai fungsinya, dalam sistematika penulisannya sama dengan penulisan sebuah karya jurnalistik. Setiap laporan kegiatan yang dibuat dan disampaikan harus lengkap,” terangnya.

Maksud Amril, harus dapat menjawab semua pertanyaan mengenai apa (what), mengapa (why), siapa (who), dimana (where), kapan (when) dan how (bagaimana) yang berkaitan dengan kegiatan yang dilaporkan tersebut.

“Sedangkan urutan isi laporan, harus disusun sebaik mungkin, sehingga penerima laporan dapat dengan mudah memahaminya,” jelasnya.

Sebelum itu, ketua pelaksana, Muhammad Ashsubli, dalam laporannya menjelaskan, pelatihan yang mengambil tema “Tumbuhkan Potensi Jurnalistik” dan diikuti kurang lebih 120 peserta itu, bertujuan untuk mengenalkan seluk beluk dunia jurnalistik, serta menumbuhkan kecerdasan dan kreativitas mahasiwa STAIN Bengkalis melalui tradisi jurnalistik.

“Selain memiliki keahlian dalam pengelolaan media cetak serta meningkatkan kemampuan jurnalis kaum muda secara otonom dan mandiri, target lain yang diinginkan agar mahasiswa STAIN Bengkalis mampu membuat media massa sendiri, misalnya majalah kampus,” terang Ashsubli.

Selain Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra, terlihat hadir dalam pembukaan pelatihan itu, diantaranya Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kelembagaan STAIN Bengkalis, Wira Sugiarto, serta H Sekretaris Jurusan Syari’ah dan Ekonomi Islam STAIN Bengkalis, H Ali Ambar. *** (hms)

#Pemkab Bengkalis

Index

Berita Lainnya

Index