Melalui Perolehan DD Desa Suko Harjo Jaya Bangun Gedung PAUD

Melalui Perolehan DD Desa Suko Harjo Jaya  Bangun Gedung PAUD
TEMBILAHAN (WR) - Melalui Perolehan Dana Desa (DD) Pemerintah Desa Suko Harjo Jaya, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau segera merealisasikan gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di daerah itu.
 
"Alhamdulillah dalam waktu dekat gedung PAUD yang hampir selesai dibangun akan segera diresmikan," kata Sekretaris Desa Suko Harjo Jaya, Waluyo, Selasa.
 
Ia mengatakan lembaga PAUD yang terdapat di Desa Suko Harjo Jaya telah berdiri sejak tahun 2013 lalu dan pada tahun 2016 harapan adanya gedung khusus PAUD akhirnya dapat diwujudkan.
 
"Meski harus menunggu waktu lama, hal ini tetap harus disyukuri," ucapnya.
 
Berdasarkan penjelasannya, selama ini aktifitas proses belajar mengajar PAUD Arya kasih yang terdiri dari 23 jumlah murid dan empat orang tenaga pengajar masih berstatus numpang di salah satu gedung yang terdapat di Desa Suko Harjo Jaya.
 
Tidak tersedianya sarana PAUD ini, berdampak pada penyelenggaraan PAUD yang tidak efektif. 
 
"Guru terlihat tidak leluasa ketika memberikan pembinaan, tidak fokus dan hal lainnya," ucapnya.
 
Bahkan, beberapa waktu lalu program ini sempat "timbul tenggelam" akibat tidak adanya ketegasan dalam mengelola, hal ini juga dikarenakan tidak tersedianya sarana yang efektif dalam menunjang keberhasilan program pendidikan ini. 
 
"Namun dengan adanya gedung PAUD sekarang ini, dapat menjadi wadah dari kumpulan manusia yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu yakni tujuan pendidikan yang baik," terangnya.
 
Lebih lanjut dikatakannya, Pemerintah Desa juga berharap semoga ada bantuan penyediaan alat-alat publikasi, berupa alat Permainan Edukatif (APE) yang mampu merangsang daya pikir anak-anak diusia dini untuk berlatih awal dalam berfikir dan belajar.
 
Selanjutnya yang terpenting juga memberikan pelatihan yang intensif kepada guru-guru PAUD sesuai dengan Standar kmpetensi pengelolaan PAUD.
 
"Memang pada dasarnya guru PAUD dituntut untuk mempunyai kompetensi, Kreatif dan terampil dalam melakuakan pengasuhan," ucapnya.
 
Namun alangkah baiknya jika manajemen serta adanya standar kompetensi yang jelas dalam menentukan arah Lembaga PAUD tersebut menjadi lebih baik dan menghasilkan output yang baik dan berhasil.
 
 
adv

#DMIJ

Index

Berita Lainnya

Index