Pemkab Bengkalis Gelar Program Pencanangan UPSUS SIWAB

Pemkab Bengkalis Gelar Program Pencanangan UPSUS SIWAB

BUKIT BATU (WAHANARIAU) -- Untuk mengakselerasi pencapaian target pemenuhan populasi sapi potong dalam negeri, kementerian pertanian meluncurkan program Pencanangan Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (UPSUS SIWAB). Upaya ini dilakukan sebagai wujud komitmen pemerintah untuk mengejar swasembada sapi yang ditargetkan tercapai pada tahun 2026.

Pencanangan UPSUS SIWAB ini merupakan salah satu langkah pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk meningkatkan percepatan populasi  ternak sapi melalui peningkatan kebuntingan dan kelahiran ternak sapi betina yang produktif.

Dalam Kegiatan Pencanangan UPSUS SIWAB, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Riau, Askardiya R Patrionov dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kegiatan merupakan aspek terpenting dalam memaksimalkan potensi sapi indukan di dalam negeri untuk dapat terus menghasilkan pedet (anak sapi) serta  perbaikan genetik dan kualitas sapi yang lebih baik dari sebelumnya.

“Kita harus mandiri ternak dan menargetkan ekspor. Kesejahteraan petani naik, angka kemiskinan turun. Itulah target pemerintah," Ungkap Askardiya di akhir sambutannya.

Kegiatan UPSUS SIWAB yang dilaksanakan di Sungai Selari Kecamatan Bukit Batu di canagkan langsung oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Heri Indra Putra, Minggu (18/12/2016).

Dalam upaya pemenuhan populasi sapi potong dalam negeri Pemerintah Kabupaten Bengkalis meluncurkan dua kegiatan utama program UPSUS SIWAB, yaitu peningkatan populasi melalui Inseminasi (Bunting) Buatan (IB) dan Intensifikasi Kawin Alam (INKA). Hal ini disampaikan oleh Bupati Bengkalis Amri Mukminin dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Heri Indra Putra.

Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 48/Permentan/PK.210/10/2016 tentang upaya khusus percepatan peningkatan populasi sapi dan kerbau bunting  yang ditandatangani  Menteri Pertanian  pada 3 Oktober 2016.

“Kegiatan Pencanangan UPSUS SIWAB  tingkat Kabupaten Bengkalis ini  merupakan salah satu langkah penguatan UPSUS SIWAB Provinsi Riau dalam rangka mendukung UPSUS SIWAB Nasional tahun 2017. Kegitan ini juga dimaksudkan untuk memaksimalkan potensi sapi induk di dalam Negeri, agar dapat terus menghasilkan anak sapi, karena itu program ini juga menjadi fokus Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan pada tahun 2017 mendatang.’’ Ungkap Heri.

Sebagai gambaran saat ini populasi ternak sapi Kabupaten Bengkalis, berjumlah 15.077 ekor, terdiri dari sapi milik pemerintah dan sapi milik masyarakat. Dari populasi itu, 6.874 ekor atau 45,59 persen diantaranya adalah sapi betina produktif yang siap bunting dan melahirkan, baik dari Program IB maupun INKA.

“Kepada pihak terkait untuk bahu membahu dan saling bekerja sama dalam mendukung dan menyukseskan Program UPSUS SIWAB ini. Khuisusnya  kepada petugas Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bengkalis agar senantiasa melakukan komunikasi yang intensif dengan mementingkan sumber daya pakan ternak dan kesehatan hewan, agar kedepan dapat menjadi masyarakat peternak yang semakin sukses, maju dan sejahtera.’’ jelas Heri

Selain Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Heri Indra Putra, hadir pula dalam Pencanangan UPSUS SIWAB di Sungai Selari Kecamatan Bukit Batu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Riau, Drh. Askardiya R Patrionov, Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Peternakan RI, Dr. Ir. Riwontoro, Camat Bukit Batu, Reza Noverindra, Angota DPRD Dapil Bukit Batu Hj. Aisyah, Kapolsek Bukit Batu AKP Daud Senturi, Dandramil 11 Isnanu, dan para peternak.

Dalam kesempatan itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Heri Indra Putra didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Riau, Drh. Askardiya R Patrionov, Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Peternakan RI, Dr. Ir. Riwontoro Menyemat pin UPSUS SIWAB, menyerahkan bibit Indigovera dan menyerahkan bantuan 25 ekor sapi Kepada 6 Kelompok Tani Aneka, yang terdiri dari Kecamatan Mandau, Pinggir dan Bukit Batu. Dilanjutkan dengan penyerahan cendramata kepada Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Riau, Drh. Askardiya R Patrionov, Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Peternakan RI, Dr. Ir. Riwontoro. ( pantauriau group )

#Pemkab Bengkalis

Index

Berita Lainnya

Index