Awali 2017, Pertamina EP Membor Dua Sumur Migas Baru

Awali 2017, Pertamina EP Membor Dua Sumur Migas Baru

WAHANARIAU -- PT Pertamina EP memulai awal 2017 dengan melakukan pemboran dua sumur minyak dan gas bumi baru. Hal ini merupakan wujud komitmen akan usaha PT Pertamina itu dalam medukung ketahanan energi nasional.

Sumur pertama yang di bor adalah sumur eksplorasi Puspa 03 atau PPA-003 di Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Kemudian,  Sumur kedua adalah sumur pengembangan OGN-A5 di Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan, keduanya di bor tepat pada 01 Januari 2017.

“Di satu sisi melalui pemboran eksplorasi kami mencari cadangan migas, sementara pemboran pengembangan untuk mendukung pemenuhan target produksi minyak PT Pertamina EP sebesar 83.865 BOPD dan gas sebesar 1.042 MMSCFD," ujar Exploration & New Discovery Project Director PT Pertamina EP, Nanang Abdul Manaf disela kunjungan di lokasi pemboran sumur Eksplorasi Puspa 03 dikutip dari keterangan resminya, Selasa 3 januari 2017.

Nanang menjelaskan bahwa selain pemboran eksplorasi Puspa 03, di Jambi ada satu lagi pemboran sumur eksplorasi yang sedang berjalan, yaitu  Sumur Point Setia 001 di Kabupaten Batang Hari, yang mulai dibor sejak tanggal 19 Oktober 2016, dengan target waktu pengerjaan sekitar empat bulan.

"Pemboran eksplorasi untuk tahun 2016 telah selesai lima sumur, satu sumur memasuki tahapan komplesi, dan dua sumur sedang dalam tahapan pengeboran termasuk Sumur Point Setia 01, dengan realisasi temuan cadangan sebesar 113 MMBOE atau 103 persen di atas target sebesar 110 MMBOE. Sementara untuk tahun 2017 target pemborannya terdapat tujuh sumur eksplorasi, yang tersebar di area Sumatera empat sumur, area Jawa dua Sumur dan area Kalimantan 1 Sumur," jelas Nanang.

Dalam kesempatan berbeda, Production & Operation Director PT Pertamina EP, Pribadi Mahagunabangsa menyampaikan, strategi operasi produksi menghadapi tahun 2017. 

"PT Pertamina EP menargetkan pemboran sumur pengembangan sebanyak 54 sumur,Work Over sebanyak 186 sumur, Well Intervention sebanyak 731 job dan Well Service sebanyak 2899 job," tambahnya.

Sementara itu, Deputi Pengendalian Dukungan Bisnis SKK Migas Rudianto Rimbono, yang berkesempatan meninjau lokasi pemboran sumur OGN A5, menyampaikan apresiasinya terhadap PT Pertamina EP. Terutama karena menunjukkan komitmen dalam upaya pemenuhan target produksi nasional sebesar 820.000 BOPD.

"Semoga semangat ini bisa dijaga terus sampai akhir tahun 2017 dan target yang sudah ditetapkan bisa tercapai," kata Rudianto. (viva)

Berita Lainnya

Index