• Follow Us On : 

Hearing Bersama DPRD

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Pekanbaru Siapkan Anggaran Rp146 Miliar


UJ. Jambek | Senin,09 Januari 2017 - 21:40:35 WIB
Dibaca: 2775 kali 
Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Pekanbaru Siapkan Anggaran Rp146 Miliar Hearing DPRD bersama Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman.(faktariau)

PEKANBARU (WAHANARIAU) - Memperkenalkan tupoksi organisasi perangkat daerah (OPD) baru di tahun 2017, Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Senin (9/1) menggelar dengar pendapat (hearing) dengan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Pekanbaru. 

Tujuannya tak lain guna mengetahui tupoksi dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Pekanbaru yang merupakan OPD baru dalam Pemko Pekanbaru.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Pekanbaru, Ir Mulyasman, saat ditemui usai kegiatan hearing mengatakan, dalam hearing tadi kami menyampaikan dan memaparkan tupoksi dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman dihadapan ketua dan anggota komisi IV DPRD Kota Pekanbaru.

"Kita di Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Pekanbaru bertitik berat pada pelaksanaan kegiatan yang ada dilingkungan perumahan, termasuk juga drainase, saluran, ipal, jalan-jalan lingkungan perumahan dan pemukiman," ujarnya.

Menurut Mulyasman, selain kegiatan tersebut juga ada kegiatan yang berkaitan dengan struktur organisasi kita yang ada mulai dari pusat, provinsi, dan sampai kebawa akan kita telusuri, yang berkaitan dengan kegiatan anggaran yang ada pada tingkat pusat, provinsi, dan Kota Pekanbaru sesuai dengan tupoksi kita.

"Jika kita tidak telusuri natinya ada anggaran-anggaran yang ada di pusat kita tidak tahu, atau kita tidak ingin salah melangka dalam melakukan suatu kegiatan nantinya," ungkapnya.

Saat ditanya berapa besar anggaran Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Pekanbaru yang dipimpinnya pada tahun 2017 ini, dan adanya kritikan dewan mengenai tidak adanya zona yang ditetapkan oleh dinas yang dipimpinnya? Dia menjelaskan bahwa anggaran yang ada sebesar Rp146 miliar lebih, dan mengenai zona sebernarnya hal tersebut telah ditetapkan tetapi dimasing-masing kegiatan memiliki zona yang berbeda-beda.

"Anggaran yang ada sebesar Rp146 miliar lebih. Jika zona telah ditetapkan dengan berbeda-beda zona kegiatan, misalnya perbaikan drainase zona berbeda dengan zona perumahan dan lain-lain, kedepan bagaimana cara kita untuk mengakomodir permasalahan ini dengan wilayah zona dan kegiatan yang sama," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Roni Amriel SH mengatakan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman ini perlu disosialisasi di tengah-tengah masyarakat karena dinas ini yang dahulunya bernama Dinas Perumahan, Pemukiman, dan Cipta Karya.

"Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman dengan tupoksi kegiatan-kegiatan pembangunan diwilayah pemukiman, seperti pembangunan drainase-drainase, semenisasi di gang-gang, termasuk kawasan kumuh. Bukan hanya itu dinas Sosial dan Pemakaman, Dinas Sosial tersendiri dan Pemakamannya masuk ke Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman. Ini tentunya perlu disosialisasikan kepada masyarakat," kata Roni.

Selain itu, Politisi Golkar ini juga mengatakan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman juga melakukan kegiatan-kegiatan lainnya yang mengunakan dana alokasi khusus (DAK) yang diperuntukan terhadap peningkatan rumah-rumah layak huni yang kondisinya tidak memadai direnopasi dengan DAK tadi.

"Total anggaran yang ada di Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman lebih kurang ada Rp146 miliar, kegunaannya untuk kegiatan-kegiatan pemukiman dan ditambah lagi dana dari pusat, DAK tadi, ipal, semenisasi, peningkatan renovasi rumah yang totalnya didapatkan Pekanbaru sebanyak 222 rumah setiap rumah memdapat Rp15 juta, yang ada di wilayah satu dan dua," tuturnya.

Roni Amriel menyampaikan saat ini adanya penggunaan istilah-istilah dan wilayah-wilayah, yang mengakibatkan menjadi kerancuan sehingga masyarakat tidak mengetahuinya. "Kita minta kepala dinas yang baru agar membuatkan tabel wilayah satu itu kecamatan mana saja, juga tabel rentang volume kegiatan. Misal semenisasi yang ukuran berapa saja yang masuk pengerjaannya dinasnya, seperti gorong-gorong, bahu jalan, box calver, tabel ini yang harus disiapkan sehingga masyarakat nanti dapat mengetahui," tutupnya.(faktariau)

 


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Jumat,22 Juli 2016 - 14:29:07 WIB
Tidak Layak Dikonsumsi

Bulog dan Dinas Sosial Bagikan Raskin Berkutu

DUMAI - Jatah beras untuk rakyat miskin (raskin) di Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Dumai Kota dikel

Kamis,02 Maret 2017 - 21:39:35 WIB
Cegah Kebakaran

Dinas PKP Inhil Akan Pantau Ketersediaan Racun Api

Tembilahan - Dalam upaya pencegahan kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) K

Kamis,18 Januari 2018 - 17:36:02 WIB

Ternyata 12 Dewan Rohil Masih Belum Kembalikan Mobil Dinas, Berikut Namanya!!!

BAGAN SIAPIAPI - Pasca diberitakan beberapa media massa online dan cetak, Anggota DPRD Rohil berbond

Selasa,23 Agustus 2016 - 02:37:29 WIB
Meningkatkan Kinerja dan Disiplin

Satpo PP Akan Razia ASN Keluyuran Saat Jam Dinas

PEKANBARU (WR) - Dalam rangka meningkatkan kinerja dan disiplin Pegawai Pemko Pekanbaru, Satuan Po

Kamis,31 Agustus 2017 - 12:36:49 WIB

Bupati Wardan Nyatakan Ika UR Inhil Wadah Koordinasi Dan Konsultasi 1863 Alumni Universitas Riau

  Tembilahan - Tidak hanya menjadi sarana menjalin silahturrahmi, Bupati Kabupaten Indragi

Selasa,27 Desember 2016 - 21:01:54 WIB

Bupati Amril Panen Perdana Udang Vanname di UPP Dinas Kelautan dan Perikanan

BENGKALIS (WAHANARIAU) -- Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Selasa (27/12/2016) panen perdana udang v

BERITA LAINNYA
Rabu,20 Februari 2019 - 02:15:54 WIB

D-EDGE Hospitality Solutions: The Marriage of Technology & Marketing

Born from the union of Availpro and Fastbooking, D-EDGE proposes a unique suite of technology soluti

Selasa,19 Februari 2019 - 23:43:40 WIB

Bawaslu Dumai Imbau Caleg Pindahkan APK

DUMAI - Bawaslu Kota Dumai mengimbau kepada seluruh partai politik dan calon legislatif (Caleg) agar

Kamis,07 Februari 2019 - 14:03:48 WIB

Bupati Inhil Resmikan Parit Basirah Jadi Kampung Nelayan

Bupati Inhil Resmikan Parit Basirah Jadi Kampung Nelayan

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI