Kondisi Dua Rumah di Duri Nyaris Ambruk Akibat Jalan Longsor

Kondisi Dua Rumah di Duri Nyaris Ambruk Akibat Jalan Longsor
Kondisi jalan longsor yang menyebabkan tanggul dua rumah di Jalan Alhamra juga nyaris runtuh.(goriau)

BENGKALIS (WAHANARIAU) - Sungguh miris melihat dua rumah di Jalan Alhmara, Kelurahan Duri Timur, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis yang kondisinya cukup memprihatinkan. Pasalnya kedua rumah itu nyaris runtuh dikarenakan dam atau tanggul penahan rumah tersebut longsor sejak dua pekan terakhir. Mengakibatkan penghuni rumah menjadi was-was pasca longsor itu.

Lurah Duri Timur, Vera Mustafa sudah meminta bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Bengklais melalui instansi terkait untuk meringankan beban keluarga yang menempati rumah itu. Sebab jika rumah terus ditempati oleh pemiliknya, akan menimbulkan korban jiwa disebabkan rumah menjadi ambrol.

"Hingga kini instansi terkait belum ada upaya untuk memberikan bantuan dan kita sungguh prihatin dengan penghuni rumah tersebut. kondisi ini tentunya menjadi pemicu retaknya dinding rumah warga tersebut,"kata Vera, Jumat (13/1/2016).

Sebelum tanggul rumah warga itu longsor, setengah dari ruas jalan yang bertepatan di lokasi kedua rumah warga tersebut sudah lebih dahulu longsor. Diduga penyebabnya karena gerusan air yang terus - menerus menghantam dinding tanggul. Lalu air yang turun juga deras di pinggir parit.

"Seharusnya, pemerintah meresepon keadaan kami dikarenakan hal ini musibah alam. Kita menilai, tanggul kita tidak akan hancur apabila jalan tepat di depan rumah itu tidak longsor terlebih dahulu,"ungkap As salah satu penghuni rumah tersebut, di hari yang sama kepada media.

"Minimal untuk memperbaiki tanggul ini, agar rumah kami tidak runtuh,"tuturnya lagi.

Ia juga mengakui, dikarenakan kondisi jalan tersebut, pengendara sering mengaku kesulitan melintas, sebab harus berbagi jalan dengan kendaraan dari lawan arah.

"Kalau tidak hati-hati, bisa juga ban sepeda motor terperosok, bahkan copot. karena Jalan tidak hanya berlubang, tetapi amblas jauh ke bawah," tutupnya.(goriau)

Berita Lainnya

Index