Pertamina Tambah Impor BBM 4,2 juta Barel untuk Januari 2017

Pertamina Tambah Impor BBM 4,2 juta Barel untuk Januari 2017

WAHANARIAU -- PT Pertamina menambah impor bahan bakar minyak dengan total 4,2 juta barel untuk bulan Januari 2017. Impor dilakukan untuk BBM  jenis premium dan pertamax, serta solar.

Impor itu dilakukan, untuk menutupi kekurangan pasokan BBM dari kilang Balongan. Kilang yang terletak di Indramayu, Jawa Barat, itu mengalami penghentian operasional terjadwal, karena harus menjalani masa perawatan.

Senior Vice President Integrated Supply Chain Pertamina, Daniel Purba mengatakan, rata-rata impor bensin Pertamina mencapai delapan juta barel setiap bulan. Dengan adanya penghentian operasional terjadwal di kilang Balongan, maka total impor bensin akan bertambah sekitar 11 juta barel.

"Ini dilakukan karena ada penghentian operasional Balongan, karena Balongan adalah dapurnya dari bensin," kata Daniel di kantor pusat Pertamina, Jakarta, Selasa 24 Januari 2017.

Ia menguraikan, dari total impor pada bulan Januari terdiri dari solar sebanyak 1,2 juta barel, dan Premium dan Pertamax sebesar tiga juta.  

Dijelaskannya lagi, produksi kilang Balongan mencapai 125 ribu barel per hari, yang artinya produksi sebulan mencapai 3,6 juta. Impor ini telah mengikuti hitung-hitungan pertumbuhan konsumsi atau permintaan pasar yang diperkirakan sekitar lima hingga enam persen. (viva)

Berita Lainnya

Index