Subhanallah... Hanya Alquran ini Ditemukan Utuh di Rumah yang Rata Dilalap Api

Subhanallah... Hanya Alquran ini Ditemukan Utuh di Rumah yang Rata Dilalap Api
Salah satu tim Damkar BPBD Kabupaten Kepulauan Meranti yang telah menemukan sebuah Alquran masih utuh di saat sebuah rumah ludes terbakar

SELATPANJANG (WAHANARIAU) - Muhammad Rizal (42), warga Jalan Mahmud Djalal, RT 3 RW 1 Desa Banglas, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Meranti, Provinsi Riau tak menyangka masih ada yang tersisa dari rumahnya yang terbakar pada Rabu (25/1/2017) malam lalu.

Di antara puing-puing yang menghitam, tim pemadam kebakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Meranti menemukan Alquran yang masih terlihat utuh meskipun sedikit terbakar di bagian pinggirnya.

Padahal jika melihat kondisi letaknya saat ditemukan, Alquran tersebut juga bisa saja ikut terbakar. Karena kebakaran yang diperkirakan menelan kerugian hingga Rp200 juta tersebut menghanguskan semua bagian rumah. Bagian depan, ruang tamu, ruang kamar tidur, hingga dapur habis terbakar.

Namun pagi harinya, tim damkar menemukan Alquran tersebut. Foto Alquran sisa kebakaran ini beredar di sosial media. Seperti yang diunggah oleh akun Decky Kurniawan dengan statusnya "Subhanallah... Engkau Tunjukkan Kuasa Mu Ya Allah... Hanya Alquran yang utuh di saat semua barang habis terbakar. Semoga kalian yang mengAMINkan mendapat berkah dan dimuliakan Allah. Aamiin..."

Pemilik rumah, Rizal mengatakan, Alquran tersebut ia simpan dalam lemari. Ia juuga mengaku kaget mendengar kabar Alquran miliknya itu masih dalam keadaan utuh. "Allhamdulillah jika tidak terbakar. Saya juga belum melihat kondisi rumah saya," ujarnya.

Kitab suci umat Islam itu ditemukan oleh tim damkar, Adi Saputra yang pada saat sedang membersihkan puing-puing bekas kebakaran.

"Alquran ini tidak terbakar hangus dan masih utuh, padahal Alquran ini berada dalam rumah yang terbakar tadi malam. Alquran itu ditemukan pagi tadi ketika BPBD memberikan bantuan logistik kepada korban," kata anggota BPBD, Effendi.

Kebakaran itu terjadi sekiranya pukul 22.30 WIB. Saat kejadian, Muhammad Rizal sedang tidak berada di rumah. Sementara istrinya Rosmiati (37) dan ketiga anaknya sedang tidur. Beruntung Rosmiati tersadar dan berhasil menyelamatkan diri beserta ketiga buah hatinya itu. Diduga kebakaran itu terjadi akibat ledakan kompor dan tabung gas yang digunakan untuk memasak kue.

Adapun barang-barang yang ikut terbakar, kata korban, selain satu unit rumah semi permanen berukuran 20x20, juga ada kulkas dua unit, TV, Handphone, uang tunai Rp1 juta, dan surat-surat penting termasuk ijazah anak-anaknya.(halloriau)

Berita Lainnya

Index