Polres Dumai Lakukan Sterilisasi Kelenteng Hock Liong Kiong, 72 Polisi Amankan Imlek 2017

Polres Dumai Lakukan Sterilisasi Kelenteng Hock Liong Kiong, 72 Polisi Amankan Imlek 2017
Kapolres Dumai AKBP Donal H Ginting foto bersama dengan perwakilan masyarakat tionghoa, Dishub, Satpol PP dan Kodim 0320 Dumai dalam Rapat Koordinasi Operasi Liong 2017.

 

DUMAI (WAHANARIAU) -- Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan tahun baru Imlek 2568 tahun 2017, Kepolisian Resor (Polres) Dumai mengerahkan 72 personelnya untuk melakukan pengamanan Imlek dengan nama Operasi Liong 2017.

Hal itu disampaikan Kapolres Dumai AKBP Donal Happy Ginting usai melaksanakan rapat koordinasi lintas sektor dengan masyarakat tionghoa di Gedung Citra Waspada Mapolres Dumai, Jumat (27/1/2017).

"Ada 7 kelenteng yang melaksanakan sembahyang. Untuk Kelenteng Hock Liong Kiong Jalan Kelakap Tujuh, sebelum kegiatan mereka dimulai, kita (polisi) akan melakukan sterilisasi lokasi terlebih dahulu. Hal itu guna mengantisipasi gangguan keamanan seperti teror," ujarnya.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak mempercayai informasi yang sifatnya hoax, karena tidak dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, kita juga ingatkan kepada masyarakat tionghoa yang akan sembahyang untuk tidak membawa kendaraan secara berlebihan, mengingat kondisi parkir yang tidak terlalu luas.

"Saat memainkan kembang api agar tidak berlebihan, agar waktunya diatur. Supaya tidak menganggu lingkungan, sehingga terciptanya situasi dan kondisi yang aman dan kondusif," ulasnya.

Ditempat yang sama Wakil Ketua Ikatan Masyarakat Tionghoa Dumai (IMTD) Acong Effendi menegaskan agar, tidak main kembang api. Kalau pun mau main kembang api silahkan untuk mengurus izinkan ke Mapolres Dumai.

"Dalam kegiatan kita nanti juga melibatkan pemuda setempat yang memang sejak dulunya sudah bekerjasama dengan kita saat pelaksanaan Imlek di Kelenteng Hock Liong Kiong. Kita juga ingatkan agar masyarakat untuk tidak memainkan kembang api secara berlebihan," jelasnya.

Rapat koordinasi Operasi Liong 2017 di Mapolres Dumai, dihadiri beberapa pengurus organisasi kemasyarakatan tionghoa yang ada di Dumai, Riau. (goriau)

Berita Lainnya

Index