Pemda Inhil Kukuhkan Dan Lantik 232 Pejabat Pengawas

Pemda Inhil Kukuhkan Dan Lantik 232 Pejabat Pengawas
Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, Said Syarifuddin saat memimpin pembacaan sumpah jabatan

Tembilahan - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengukuhkan dan melantik 232 orang pejabat pengawas eselon 4 (Empat) di Gedung Engku Kelana, Tembilahan, Selasa (31/1/2017) pagi.

Pengukuhan dan pelatikan yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, Said Syarifuddin dan dihadiri sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemda Inhil beserta jajarannya.

Dalam sambutan dihadapan ratusan hadirin, Said Syarifuddin mengaku, masih banyak jabatan yang ditetapkan tersebut belum sesuai dengan harapan para peserta pengukuhan dan pelatikan kala itu, yang notabene merupakan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Inhil.

"Kami telah berusaha semaksimal mungkin, melalui pembahasan tim baperjakat (badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan) untuk memberikan yang terbaik bagi saudara semua. dengan demikian tentunya harapan kami saudara dapat memegang amanah dan kepercayaan ini dengan baik, dengan lapang dada, tulus, dan ikhlas sehingga dalam menjalankan pekerjaan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan," ujarnya.

Said Syarifuddin mengatakan, jabatan yang disandang tersebut, bukanlah hak yang harus  didapatkan para aparatur. Akan tetapi, sebuah kepercayaan yang diberikan dan harus dijalani dengan sebaik-baiknya, sebagai bentuk tanggung jawab atas jabatan yang diamanahkan.

"Oleh karena itu, kepada pejabat yang baru saja dilantik, saya harapkan untuk tidak terperangkap oleh pemikiran yang  terbatas dan sempit," tukasnya.

Selain itu, Said Syarifuddin mengingatkan kepada para aparatur yang dikukuhkan dan dilantik, agar tidak bersikap arogan dengan jabatan yang diperoleh. Karena, menurutnya, jabatan dalam birokrasi hanya bersifat sementara.

"Suatu jabatan tidak ada yang abadi, suatu saat, cepat atau lambat pasti kedudukan saudara ini akan digantikan oleh orang lain. Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir akan terus melakukan evaluasi, penilaian terhadap saudara, baik itu melalui atasan saudara langsung maupun tim, dengan harapan nantinya akan didapat ASN yang memiliki kompentensi tinggi, berkerja baik, disiplin, ihklas, berintegrasi, proposional yang sesuai dengan jabatannya," jelasnya.

Said Syarifuddin mengharapkan ASN yang dilantik dan dikukuhkan tersebut, dapat bekerja sebaik mungkin dalam rangka membantu pimpinan untuk mencapai target yang telah ditetapkan oleh instansi masing-masing, seperti pengawasan dilapangan terhadap pekerjaan fisik, memberikan pengertian dan pengawasan terhadap guru, maupun pegawai pukesmas dalam rangka pelayanan, baik untuk pendidikan dan kesehatan. Demikian juga, sambungnya, untuk Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) lainnya sesuai tugas dan fungsi masing-masing instansi.

Terakhir, Said Syarifuddin mengimbau kepada para ASN untuk dapat meningkatkan prestasi kerja dan kinerja yang diwujudkan dengan kemampuan bekerja sama. Serta, imbuhnya, ASN juga diimbau untuk mengoptimalkan segala sumber daya yang dimiliki, agar semua program kerja dapat dilaksanakan secara konsisten, terutama penggunaan anggaran, sehingga terserap seperti yang direncanakan.

"Bekerjalah dengan tulus ihklas, cintailah pekerjaan, bekerjalah dengan penuh tanggung jawab, jangan sia-siakan amanah apalagi sampai mengecewakan pemerintah dan masyarakat. Bekerjalah sesuai tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi), serta berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku agar dalam pelaksanaan tugas tidak berimplikasi pada akibat hukum yang dapat menyusahkan saudara-saudara," tandasnya.

(Adv/Dex/Diskominfo)

#Pemkab Inhil

Index

Berita Lainnya

Index