Dumai dan Kampar Akan Terima Bantuan Mobil Double Garden

Dumai dan Kampar Akan Terima Bantuan Mobil Double Garden
Ilustrasi karhutla di Riau

PEKANBARU (WAHANARIAU) - Kota Dumai dan Kabupaten Kampar akan mendapatkan bantuan berupa pinjaman mobil double gardan untuk mendukung aktivitas patroli terpadu pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayahnya.

"Karena Dumai dan Kampar rawan kebakaran, KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) meminjamkan masing-masing satu unit mobil double gardan untuk patroli," kata Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Raffles Brotestes Panjaitan di VIP Lancang Kuning, Bandara SSK II Pekanbaru, Kamis (2/2/2017) sore.

Selain itu, Menteri LHK, Siti Nurbaya juga mengirimkan sepeda motor trail sebanyak 217 unit dan dua unit mobil kendaraan TNI pendukung patroli terpadu.

"Bantuan yang diberikan KLHK berupa sarana dan prasana pendukung pencegahan dini. Januari kemarin juga sudah dikirimkan satu helikopter juga," kata Raffles.

Bantuan dari KLHK itu pun akan diserahkan Menteri LHK RI, Siti Nurbaya melalui Raffles. Sebab, Menteri LHK berhalangan hadir pada kegiatan apel siaga Karhutla di Riau, Jumat (3/2/2017) besok.

Sebagaimana diketahui, Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman secara resmi menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau terhitung 24 Januari 2017 hingga 30 April 2017 nanti selama 96 hari.

Keputusan penetapan status siaga darurat karhutla ini dapat ditetapkan sejak dini menyusul dua kabupaten dan kota yang ada di Riau telah lebih dahulu menyatakan sudah siaga darurat di daerahnya, yakni Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Orang nomor satu di Riau ini pun menginstruksikan, agar patroli terpadu karhutla dilakukan dengan maksimal baik melalui jalur darat maupun udara.

Khusus untuk patroli udara, nantinya dapat memanfaatkan bantuan helikopter KLHK yang saat ini sudah berada di Riau.(goriau)

 

Berita Lainnya

Index