Dinsos Inhil Canangkan Penyaluran PKH Non - Tunai Melalui E-Warung

Dinsos Inhil Canangkan Penyaluran PKH Non - Tunai Melalui E-Warung
Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Inhil, Syaiful Kelana

Tembilahan - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mencanangkan penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) secara non-tunai melalui Elektronik Warung (E-Warung) pada tahun 2017 ini.

PKH non-tunai melalui e-warung yang menyasar masyarakat miskin tersebut, telah direkomendasikan pelaksanaannya kepada Kementerian Sosial untuk kemudian disetujui.

"Hingga saat ini, kami (Dinas Sosial, red) sedang melakukan inventarisasi terhadap objek program e-warung," jelas Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial, Syaiful Kelana kepada wahanariau.com, Selasa (7/2/2017) pagi.

Secara umum, selain untuk meringankan beban perekonomian masyarakat miskin, dikatakan Syaiful Kelana, pelaksanaan PKH secara non-tunai melalui e-warung ini, juga bertujuan mendidik masyarakat tersebut untuk dapat menabung.

Secara teknis, diakui Syaiful Kelana, pelaksanaan PKH non-tunai melalui e-warung memamg sedikit rumit bagi masyarakat. Sebab, dalam pelaksanaannya masyarakat harus menggunakan kartu khusus untuk menukarkan kebutuhannya di setiap unit e-warung.

"Pada tahap pertama, untuk menukarkan kebutuhannya, seperti gula, minyak goreng, dan tepung terigu masyarakat masih menggunakan sidik jari. Setelah itu, masyarakat harus menggunakan kartu khusus yang dalam pelaksanaannya tergolong rumit," tukasnya.

Selanjutnya, Syaiful Kelana mengatakan, pelaksanaan PKH non-tunai melalui e-warung tersebut akan melibatkan pihak perbankan milik pemerintah sebagai pihak ketiga atau penyalur bantuan.  

"Masih dibahas, akan melibatkan perbankan milik pemerintah yang mana nantinya. Padahal, kami (Dinsos, red) lebih merekomendasikan Kantor Pos untuk bersinergi dalam pelaksanaan program ini. Mengingat, kerumitan yang akan dihadapi oleh masyarakat penerima bantuan nantinya," tutup Syaiful Kelana.

Berita Lainnya

Index