Wisata Alam Danau Bourtrem di Rohil yang Masih Misteri

Wisata Alam Danau Bourtrem di Rohil yang Masih Misteri
Danau Bourtrem/Tanah Longsor di Rohil

 

BAGANSIAPIAPI (WAHANARIAU) -- Danau Bourtrem atau Danau Talon (Tanah Longsor) Sejati tersebut terletak dikepenghuluan Bangko Lestari, kecamatan Bangko Pusako Rokan Hilir tepatnya didusun Bourtrem.

Menariknya, danau yang diberi nama masyarakat setempat dengan nama danau Bourtrem atau Danau Talon Sejati tersebut hingga kini belum diketahui pasti kedalamannya, dan untuk kronologis kejadiannyapun masih simpang siur tentang penjelasannya.

Untuk dapat menuju Danau tersebut dapat melalaui dua jalan, yang pertama dapat dilalui dengan kendaran roda empat dari kecamatan Balai Jaya km 31 Balam, dengan jarak tempuh yang cukup jauh, dan jalan alternatif yang lebih dekat dapat melalaui jalan dari km 20 Balam Bangko Lestari, dengan jarak tempuh lebih kurang 15 menit.

Jalan yang dilalui dari km 20 Balam tepat didepan rumah makan Roda Baru, namun hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua saja, pasalnya jalan alternatif tersebut masih membutuhkan penimbunan secara keseluruhan pada badan jalan.

Menurut RT Botrem Wahyudi, Selasa (15/2) menjelaskan bahwa danau Bourtrem adalah salah satu aset wisata yang ada dikabupaten Rokan Hilir, khususnya Bangko Lestari yang mempunyai daya tarik bagi pecinta alam.

"Daya tarik danau Bourtrem ini salah satunya hingga kini belum dapat kita ketahui seberapa dalamnya, dan mempunyai sejarah yang cukup menarik untuk didengar dan diterlusuri kebenarannya," ujarnya.

Wahyudi berharap dengan adanya masukan Dana Desa (DD), dan bantuan pemda Rohil, danau tersebut nantinya dapat dikelola dengan baik, dan dapat menjadi salah satu tempat wisata kebanggaan Rohil khususnya.

Jalan danau bourtrem tersebut jika penimbunannya dapat terus dilaksanakan maka bukan hanya warga sekitar danau saja yang melintas, namun warga kepenghuluan Teluk Nilap Jaya juga dapat menikmatinya, sebab akses jalan terdekat menuju jalan lintas Riau Sumut. (faktariau)

#Wisata Riau

Index

Berita Lainnya

Index