Begini Perjuangan Penenun Indonesia di Amerika

Begini Perjuangan Penenun Indonesia di Amerika
Ilustrasi

JAKARTA (WAHANARIAU) -- Promosi kain tenun dan obyek wisata pulau Flores didukung Konjen KJRI San Fransisco, Adri Hermawan. Sebagai penanggung jawab kegiatan San Francisco Tribal dan Tekstil Art Show ini juga dihadiri Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Ajang ini menggambarkan event-event diluar negeri dalam mengangkat nilai budaya lokal ke kancah internasional selalu menjadi prioritas.

Menurut Alfonsa Horeng, di Amerika terdapat banyak group artis dan museum heritage folk art dimana mereka selalu mencari maha karya seni bersifat integritas, salah satunya kain tenun tradisi.

Dikatakannya sejak 2011, ia sering ke Amerika diundang Federal Amerika untuk kegiatan International Folk Art dan tidak lupa ia melapor kegiatannya diikuti ke keperwakilan Indonesia di Amerika.

Selama empat hari kegiatan awal Februari pengunjung yang datang ke paviliun Indonesia khususnya di Tenun Ikat Flores, ada yang pernah berkunjung ke pulau Flores dan menginap di Capa Hotel & Resort Maumere Flores mengatakan ingin berkunjung dan yang belum pernah minta informasi mengenai Komodo, Kelimutu dan masyarakat dan budayanya itu menjadi icon utama, ujar Alfonsa. 

Branding Pariwisata Indonesia Wonderful Indonesia dengan baner KJRI bergambarkan Pancasila serta Branding Destinasi Flores mewarnai suasana promosi di paviliun Indonesia pada expo Travel & Adventure Show di Santa Clara Convention Center.

Dukungan Konjen RI untuk San Fransisco Adri Hermawan penanggung jawab kegiatan serta materi promosi dari Kementrian Pariwisata merupakan gambaran event diluar negeri dalam mempromosikan destinasi pariwisata secara tidak langsung mengangkat potensi alam Indonesia ke kancah internasional. (tempo)

Berita Lainnya

Index