Inilah Jumlah Tamu Resmi yang Dibawa Raja Salman ke Indonesia, Sisanya Pendukung

Inilah Jumlah Tamu Resmi yang Dibawa Raja Salman ke Indonesia, Sisanya Pendukung

JAKARTA (WAHANARIAU) -- Ternyata jumlah delegasi resmi yang dibawa Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saudi ke Indonesia tidak sebanyak yang dipikirkan. Dilaporkan, walau dikabarkan membawa 1.500 orang hanya 112 orang saja yang tercatat sebagai delegasi resmi sang raja.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Arrmanatha Christiawan Nasir menjelaskan, delegasi resmi yang terdaftar sebanyak 112 orang. Delegasi resmi tersebut terdiri dari 19 pangeran dan enam-tujuh orang setingkat menteri. Sisanya dikategorikan sebagai delegasi pendukung.

“Perlu dipahami bedanya delegasi resmi dan pendukung. Contoh delegasi resmi itu yang melekat pada presiden dan menteri seperti sekretaris pribadi dan lainnya. Delegasi pendukung itu berada di level Direktur Jenderal (Dirjen),” ujar pria yang akrab disapa Tata itu kepada awak media di Jakarta, Selasa (28/2/2017) dilansir dari okezone. 

Beberapa menteri dan pejabat setingkat menteri yang turut menyertai Raja Salman ke Indonesia, disesuaikan dengan nota kesepahaman (MoU) yang akan ditandatangani. Arrmanatha menyatakan dalam suatu rombongan, biasa ditemukan jumlah delegasi pendukung lebih banyak dari delegasi resmi.

Pria berkacamata itu memastikan, meski ada perbedaan antara delegasi resmi dan delegasi pendukung, protokol dan standar pengamanan yang diberikan tetap sama.

“Itu sudah perlakuan yang sama. Sudah menjadi kesepakatan antara tuan rumah dan tamu. Tidak berbeda. Sama saja ketika misalnya kita berkunjung ke luar negeri,” tutup Arrmanatha. (faktariau)

Berita Lainnya

Index