Tiga Tahanan Kabur Saat Petinggi Mapolsek Tengah Berjaga, Kok Bisa...?

Tiga Tahanan Kabur Saat Petinggi Mapolsek Tengah Berjaga, Kok Bisa...?
Ilustrasi

PEKANBARU (WAHANARIAU) --Tiga tahanan di Mapolsek Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, kabur setelah menggergaji jeruji besi. Aksi ini terbilang nekat karena saat itu, petinggi di Mapolsek, seperti Kapolsek, Kanit Reskrim, Kanit Lantas, Kanit Patrolit dan Kepala SPKT, tengah berjaga di depan kantor tersebut.

Menurut Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo SIK, aksi nekat tiga tahanan ini terjadi pada Rabu 1 Maret 2017 sekitar pukul 23.00 WIB.

"Saat ini pengejaran tengah dilakukan," kata mantan Kapolres Pelalawan ini, Kamis (2/3/2017) siang.

Adapun identitas tahanan yang kabur adalah Arsyad alias Pak Caki, terlibat kasus pencurian sepeda motor, Didit Junaidi alias Ujang yang terlibat kasus pencurian sawit, dan Firman Alex Saputra yang terlibat kasus pencurian sepeda motor.

Guntur menerangkan, kejadian ini berlangsung ketika Kapolsek Lirik AKP Amran Kadir bersama beberapa Kanit Polsek duduk-duduk di depan kantor kepolisian tersebut. Saat itu, petugas jaga tahanan adalah anggota Bhabinkamtibmas Polsek Lirik, Brigadir F Lumban Tobing.

"Petugas jaga ini menggantikan petugas sebelumnya, dan ikut duduk bersama Kapolsek," sebut Guntur.

Tengah asik duduk, tak lama kemudian datang seorang supir truk dan mengaku kaca mobilnya dilempari orang tak dikenal di jalanan sampai pecah. Mendapat kabar ini, Kapolsek memerintahkan beberapa anggotanya melakukan penyelidikan.

Beberapa saat kemudian, Kapolsek berniat melakukan patroli di salah satu jalan di kawasan itu dan memerintahkan penjaga tahanan melakukan tugasnya kembali. Penjaga tadi kemudian kembali ke sel dan melihat tahanan sudah kosong.

"Tiga tahanan ternyata sudah kabur dengan membobol jeruji besi memakai gergaji," sebut Guntur.

Peristiwa ini kemudian dilaporkan ke Kapolsek yang ingin berangkat patroli. Niat patroli diurungkan, Kapolsek mengumpulkan anggotanya untuk melakukan pengejaran terhadap tiga tahanan yang kabur.

"Saat ini personil gabungan Polsek Lirik dibantu Polsek Pasir Penyu dan Polres Indragiri Hulu tengah melakukan pengejaran. Mudah-mudahan secepatnya tertangkap," sebut Guntur.

Menurut Guntur, kepolisian tentu menyelidiki apakah ada keterlibatan orang dalam sehingga para tahanan ini leluasa menggergaji besi meski saat itu keadaan Polsek tengah ramai. (faktariau)

Berita Lainnya

Index