Pintu Waduk PLTA Koto Panjang Dibuka Siang Ini, Masyarakat Kampar Diminta Waspada 

Pintu Waduk PLTA Koto Panjang Dibuka Siang Ini, Masyarakat Kampar Diminta Waspada 
Banjir melanda Pangkalan Hulu.

BANGKINANG KOTA (WAHANARIAU) -- Dengan tingginya curah hujan dan tingginya kenaikan air pada hulu waduk, mengakibatkan kenaikan debit air pada waduk PLTA Koto Panjang. Diperkirakan pada pukul 14.00 Wib nanti, waduk PLTA akan dibuka pintu air. Masyarakat di tepian Sungai Kampar pada hilir waduk diminta waspada.

Penjabat Bupati Kampar, Syarial Abdi kepada wartawan, Jumat (3/2/2017) menjelaskan, bahwa berdasarkan informasi dari manajer PLTA Koto Panjang, bahwa elevasi waduk saat ini tgl 3 Maret 2017 pukul 08.00 adalah 80.48mdpl. 

Lebih lanjut Syarial Abdi menjelaskan, dengan mempertimbangkan kondisi hulu waduk PLTA mengalami kenaikan air dengan intensitas curah hujan tinggi. Maka pihak PLTA akan melakukan pembukaan pintu air. Pembukaan pintu air waduk PLTA direncanakan pada pukul 14.00 wib. 

"Diperkirakan penambahan kenaikan air sisi hilir waduk +-30 s/d 50 cm," ungkap Syarial Abdi.

Syarial Abdi juga mengatakan, bahwa seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah kita sampaikan agar berhati-hati dan menyampaikan kondisi ini kepada masyarakat. "Para Camat dan Kades diminta untuk bisa menyampaikan informasi ini kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat hilir waduk di sepanjang tepian sungai Kampar," ungkap Abdi.

Penjabat Bupati Kampar, Syarial Abdi juga menghimbau agar seluruh masyarakat hilir waduk di sepanjang Sungai Kampar untuk meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati. 

"Selamatkan barang-barang jika air nanti naik. Kerambah-kerambah ikan di sepanjang Sungai Kampar diharapkan dapat diperiksa agar bisa ditambat lebih kuat. Diharapkan kenaikan air nanti tidak menghanyutkan keramba-keramba petani ikan kita," ungkap Syarial Abdi.

Dari informasi yang dirangkum wartawan, saat ini jalan raya Pangkalan Sumbar - Riau mengalami longsor. Daerah Pangkalan Sumbar hulu waduk PLTA dalam kondisi banjir dan dalam status awas. (halloriau)

#PLTA Koto Panjang

Index

Berita Lainnya

Index