PLTA Koto Panjang Akan Buka Pintu Air Pagi Ini, Warga yang Tinggal Dibantaran Sungai Kampar Diminta Waspada

PLTA Koto Panjang Akan Buka Pintu Air Pagi Ini, Warga yang Tinggal Dibantaran Sungai Kampar Diminta Waspada

PEKANBARU (WAHANARIAU) -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kampar Provinsi Riau, Sabtu (4/3/2017) pagi mengimbau seluruh masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di bantaran Sungai Kampar untuk waspada.

Hal tersebut menyusul rencana pihak PLTA Koto Panjang yang akan kembali membuka Spilway (jalur air) di waduk pada pagi ini, jam 09.00 WIB. Penambahan pembukaan pintu air waduk tersebut karena masih tingginya curah hujan.

"Karena masih tingginya intensitas curah hujan pada sisi hulu PLTA, diiringi inflow masuk pada waduk yang cukup besar. Itu informasi yang kita terima, pagi ini," ungkap Kepala BPBD Kabupaten Kampar, Santoso.

Update pagi tadi pukul 07.00 WIB, elevasi (Posisi vertikal/ketinggian suatu objek dari suatu titik tertentu) diwaduk PLTA Koto Panjang sudah berada di angka 82.58 mdpl (Meter di atas permukaan laut).

"Untuk itu, dihimbau kepada seluruh masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di bantaran Sungai Kampar untuk lebih waspada. Karena akan bertambahnya ketinggian air pada sisi hilir berkisar 60 hingga 110 sentimeter dari kondisi saat ini," katanya.

"Kita berharap, semoga tidak ada musbiah akibat curah hujan yang cukup tinggi di Hulu sungai," harap Kepala BPBD Kampar, Santoso ini.

Tercatat, Outflow di waduk PLTA Koto Panjang berkisar 750.51 m3/s, hal itu tidak seimbang dengan Inflownya yang mencapai 3211.07 m3/s. (goriau)

#PLTA Koto Panjang

Index

Berita Lainnya

Index