Inilah Kalimat yang Dilarang Dalam Berdoa

Inilah Kalimat yang Dilarang Dalam Berdoa
Ilustrasi

WAHANARIAU -- Ketika manusia sering diberi ujian dan cobaan atau membutuhkan sesuatu yang penting seorang muslim tentu segera berdoa kepada Allah Subhanahuwata’ala. Berdoa merupakan aktivitas spiritual seorang hamba untuk meminta sesuatu kepada sang pencipta. Pada umumnya berdoa dilakukan setelah selesai sholat baik itu sholat wajib ataupun sholat sunnah.

Ada hal-hal yang oleh sebagian orang dipandang baik, tetapi nyatanya ia tidak baik dalam pandangan Allah. Termasuk dalam doa. Dalam berdoa harus memperhatikan adab-adab dalam memanjatkan doa sehingga doa akan cepat terkabulkan.

Selain terdapat adab-adab dalam memanjatkan doa ternyata juga terdapat larangan mengucapkan kalimat-kalimat yang tidak boleh diucapkan ketika berdoa. Mungkin kita sering menganggap kalimat-kalimat tersebut sangat baik untuk diucapkan saat berdoa tapi sebenarnya kalimat tersebut dilarang. Lalu Kalimat apakah itu?

Kalimat tersebut adalah “Jika Engkau Berkenan” sebagai contoh ketika berdoa menggunakan kalimat tersebut adalah “Ya Allah, Jika Engkau Berkenan Ampunilah Aku”. Meskipun  secara sepintas kalimat tersebut terlihat baik namun sebenarnya kalimat tersebut merupakan Kalimat yang Dilarang Dalam Berdoa.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Apabila salah seorang dari kalian berdoa, hendaklah bersungguh-sungguh dalam memohon dan janganlah ia mengucapkan ‘Ya Allah jika engkau berkenan maka berilah aku’. Karena sesungguhnya tidak ada yang dapat memaksa-Nya” [HR. Bukhari]

Tersirat dari hadits tersebut diatas bahwa tidak ada yang dapat memaksa kehendak Allah Subhanahuwata’ala. Allah Subhanahuwata’ala hanya menghendaki dan mengabulkan apa yang dikehendaki-Nya.

Ternyata ketika berdoa ada adab dan aturan yang harus kita tahu. Karena jangan sampai ketika kita sudah berdoa dengan sungguh-sungguh ternyata kita mengucapkan kalimat yang tidak disukai Allah Subhanahuwata’ala. Ketika memanjatkan doa baiknya kita bersungguh-sungguh dalam meminta dan jangan  memaksa Allah Subhanahuwata’ala untuk mengabulkan permintaan kita karena Allah Subhanahuwata’ala maha tahu apa yang dikehendaki-Nya.

Itulah kalimat yang terlarang yang sebaiknya kita hindari dalam memanjatkan doa kepada Allah Subhanahuwata’ala karena kalimat tersebut tidak disukai Allah Subhanahuwata’ala. (faktariau)

Berita Lainnya

Index