Konsumsi 12 Butir Obat, Gadis Remaja Dilarikan Ke UGD

Konsumsi 12 Butir Obat, Gadis Remaja Dilarikan Ke UGD
Korban, N Seusai Mendapatkan Penanganan Dokter Di UGD RSUD PH Tembilahan

Tembilahan - Dikarenakan mengonsumsi 12 butir obat berjenis Dextromethorphan (DMP) atau yang dikenal dengan sebutan Dextro, Gadis remaja berinisial N (16), warga Jalan H Sadri, Tembilahan, terpaksa harus dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada (PH), Minggu (12/3/2017) dini hari.

Beruntung, N, korban penyalahgunaan obat berjenis DMP tersebut bisa diselamatkan, karena segera dilarikan ke Rumah Sakit dan mendapatkan pertolongan medis.

Menurut keterangan teman korban berinisial Z (20), sebelum dilarikan ke UGD, korban sempat kehilangan kesadaran sesaat setelah mengonsumsi obat yang penggunaannya harus mendapatkan pengawasan pihak medis.

Z juga mengatakan, temannya tersebut memperoleh obat berjenis Dextromethorphan tersebut dengan membeli di salah satu Apotik yang berada di Kawasan Tembilahan Hulu.

Dr Ronaldo Bafit yang kala itu menangani pasien N, kepada wahanariau.com menjelaskan, obat jenis DMP yang kegunaannya adalag sebagai obat batuk, memang dapat menimbulkan sebuah gejala-gejala tertentu, seperti mual, pusing dan sebagainya, jika dikonsumsi secara berlebihan.

"Batas maksimal, seseorang mengonsumsi DMP ini hanya 3 butir tablet per harinya. Lebih dari itu, maka gejala seperti pusing, mual dan sebagainya pun bisa timbul," jelasnya.

Lebih lanjut, Dr Ronaldo Bafit juga mengatakan, obat jenis DMP ini memang marak disalahgunakan, terutama oleh para remaja. Yang mana, Remaja penyalahguna tersebut, mengonsumsi DMP secara berlebihan tanpa ada pengawasan dengan tujuan negatif.

Saat ini, N yang didampingi Sang Ibu, M (50) telah diperbolehkan untuk pulang ke rumah oleh Dokter yang menanganinya. Dalam kejadian ini, M menyayangkan prilaku anaknya yang menyalahgunakan Dextro hingga hampir berujung maut. Dan, M berpesan, agar pihak terkait dapat melakukan pengawasan ketat terhadap penjualan Dextro yang dijual secara bebas di Depot Obat dan Apotik. (Dex)

Berita Lainnya

Index