• Follow Us On : 

Jambore Kader PKK Tembilahan Hulu Tahun 2017

Ketua PKK Inhil: Ini Wadah Eksplorasi Dan Realisasi Potensi Para Kader


Dedek Pratama | Rabu,22 Maret 2017 - 09:52:23 WIB
Dibaca: 623 kali 
Ketua PKK Inhil: Ini Wadah Eksplorasi Dan Realisasi Potensi Para Kader

Tembilahan - Ketua Dewan Pembina Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan membuka secara resmi penyelenggaraan kegiatan Jambore Kader PKK Kecamatan Tembilahan Hulu Tahun 2017 di Kantor Camat Tembilahan Hulu, Rabu (22/3/2017) siang.

Terdapat puluhan kader PKK se-Kecamatan Tembilahan Hulu dan warga yang hadir memadati halaman Kantor Camat Tembilahan Hulu.

Kedatangan Bupati Wardan selaku Ketua Dewan Pembina TP PKK bersama Hj Zulaikha Wardan selaku Ketua TP PKK Kabupaten Inhil, diikuti oleh beberapa pejabat eselon di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil dan disambut langsung oleh Camat Tembilahan Hulu, M Nazar, S.Sos., M.Si beserta jajarannya.

M Nazar selaku Ketua Dewan Pembina TP PKK Kecamatan Tembilahan Hulu, berdasarkan hasil laporan penyelenggaraan kegiatan mengatakan, kegiatan Jambore Kader PKK bertujuan untuk menggali potensi kader PKK Tembilahan hulu  agar dapat mendukung pelaksanaan setiap program pembangunan oleh Pemerintah Kecamatan.

"Selain  tujuan, penyelenggaraan Jambore Kader PKK Tahun 2017 tersebut, berfungsi sebagai penggerak para kader TP PKK, baik di Desa maupun Kelurahan, agar dapat senantiasa berjalan sesuai dengan bidang tugas dalam kerangka 10 program pokok TP PKK," pungkasnya.

Berdasarkan laporan, diungkapkan M Nazar, terdapat sekitar 72 orang peserta dari seluruh Desa dan Kelurahan di Kecamatan Tembilahan Hulu yang berpartisipasi dalam kegiatan yang telah diselenggarakan secara rutin selama kurun waktu 3 tahun terakhir tersebut.

"Untuk menyemarakkan kegiatan Jambore Kader PKK yang ketiga kali ini, akan diadakan berbagai macam lomba keterampilan dan kerajinan oleh PKK se-Kecamatan Tembilahan Hulu," tukasnya.

Ketua PKK Kabupaten Inhil, Hj Zulaikha Wardan, dalam arahan yang diberikan menyampaikan apresiasinya terhadap TP PKK Kecamatan Tembilahan Hulu yang telah bersedia menyelenggarakan kegiatan Jambore Kader PKK. Pasalnya, menurut Zulaikha Wardan, TP PKK Kecamatan Tembilahan Hulu merupakan satu - satunya Kecamatan di Kabupaten Inhil yang mengadakan kegiatan Jambore Kader PKK.

"Disamping mempererat silahturrahmi, Ini (Jambore Kader PKK, red) merupakan upaya dini mempersiapkan para kader PKK Tembilahan Hulu untuk mengikuti Jambore Kader PKK tingkat Kabupaten Inhil nantinya. Ini menjadi wadah untuk mengeksplorasi dan merealisasikan potensi diri para kader," katanya.

Dalam arahan yang diberikan Ketua Dewan Pembina PKK Inhil, HM Wardan disebutkan, terdapat kebanggaan tersendiri kepada TP PKK Kecamatan Tembilahan Hulu yang telah sukses menyelenggarakan Jambore Kader PKK Tahun 2017 secara swadaya.

"Meski terhambat dengan ketiadaan anggaran, PKK Tembilahan Hulu bisa menyelenggarakan kegiatan Jambore ini secara swadaya. Ini menunjukkan antusiasme dan kekompakan yang luar biasa tinggi dari setiap kader PKK se-Kecamatan Tembilahan Hulu," ungkapnya.

Seyogyanya, Wardan mengatakan, dengan ukuran kegiatan yang hampir menyamai kegiatan serupa di tingkat Kabupaten Inhil tersebut, Ketua TP PKK Provinsi Riau pun dianggap layak untuk hadir dalam Jambore Kader PKK Kecamatan Tembilahan Hulu Tahun 2017.

"Tidak semua Kecamatan mampu mengadakan kegiatan seperti ini, yang mengundang saya beserta rombongan. Ini membutuhkan biaya yang besar dan tekad yang begitu kuat," tukasnya.

"Apalagi, dengan adanya bazar yang diisi dengan stand - stand dari setiap TP PKK Desa dan Kelurahan seperti ini. Disertai juga dengan berbagai macam perlombaan," imbuh Wardan.

Begitu pula, dikatakan Wardan, untuk kegiatan Jambore Kader PKK di tingkat Kabupaten. Yang mana, lanjutnya, tidak semua Kabupaten yang mampu menggelar perhelatan para kader PKK, seperti yang akan dilaksanakan oleh TP PKK Kabupaten Inhil beberapa waktu mendatang.

Lebih lanjut, Wardan mengatakan, Jambore Kader PKK Tahun 2017 tersebut, dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengevaluasi hasil keterampilan dan kerajinan dari setiap TP PKK, khususnya TP PKK Kecamatan Tembilahan Hulu, agar dapat dikembangkan menjadi sebuah produk, bahkan komoditas khas Kabupaten Inhil.

"Tadi saya mendengar, ada perlombaan memasak yang salah satunya berbahan baku kelapa. Saya sangat bangga dengan hal itu. Kemarin, saya ada meminta BP3AKB untuk melakukan hal itu. Sebab, 9 September 2017 Inhil akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Kelapa Dunia," terangnya.

Sekilas tentang peringatan Hari Kelapa Dunia, Wardan mengungkapkan, nantinya akan ada 11 Negara yang hadir dalam kegiatan yang dipusatkan di Kabupaten Inhil tersebut.

"Seluruh individu maupun lembaga yang bergerak di bidang kelapa akan hadir nemperingati Hari Kelapa Dunia di Inhil mendatang. Tentunya, ini merupakan sebuah kehormatan sekaligus kebanggaan bagi kita semua masyarakat Kabupaten Inhil," jelasnya.

Dalam peringatan Hari Kelapa Dunia di Kabupaten Inhil nantinya, disebutkan Wardan, akan ada beberapa terobosan yang dilakukan, diantaranya meminum 10.000 butir kelapa secara serentak, dan akan disajikan pula 500 jenis masakan berbahan baku kelapa.

"Untuk itu, kemarin saya meminta kepada segenap masyarakat Kabupaten Inhil, bersama - sama mensukseskan kegiatan itu nantinya. Saat ini, khusus untuk jenis masakan, saya beserta instansi terkait tengah melakukan inventarisasi. Semoga di bazar yang diadakan dalam kegiatan ini, kami dapat menemukan inovasi baru masakan berbahan baku kelapa dimaksud," ucapnya.

Terakhir, Kabupaten Inhil yang didaulat sebagai 'Tuan Rumah' dalam peringatan Hari Kelapa Dunia, dikatakan Wardan merupakan langkah konkret yang diambil guna memperkenalkan Inhil sebagai daerah dengan hamparan kelapa terluas di dunia.

"Predikat sebagai daerah dengan hamparan kelapa terluas di dunia merupakan identitas yang hakiki bagi Kabupaten Indragiri Hilir. Sebab, lebih dari 70 persen masyarakat menggantungkan hidup melalui kelapa. Meskipun, kini Inhil tengah menghadapi ironi kerusakan perkebunan kelapa rakyat, yang mencapai 23 persen atau setara dengan 100.000 hektare dari total 432.000 hektare perkebunan kelapa yang terbentang di 'Negeri Seribu Parit'," tutup Wardan.

Untuk diketahui, pembukaan kegiatan Jambore Kader PKK Tahun 2017 Kecamatan Tembilahan Hulu dirangkai dengan pelepasan balon dan pemotongan pita bazar oleh Ketua TP PKK Kabupaten Inhil, Hj Zulaikha Wardan yang didampingi oleh Ketua Dewan Pembina TP PKK Kabupaten Inhil, HM Wardan, Ketua Dewan Pembina TP PKK Kecamatan Tembilahan Hulu, M Nazar dan Ketua TP PKK Kecamatan Tembilahan Hulu, Asnawati Nazar. (Adv/Dex)


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Selasa,28 Juni 2016 - 16:12:08 WIB

Keluarkan 'Surat Sakti' Minta THR ke Pengusaha, MA Copot Ketua PN Tembilahan

Jakarta - Mahkamah Agung (MA) langsung mencopot Ketua Pengadilan Negeri di Riau yang meminta THR ke

Selasa,13 Desember 2016 - 14:23:21 WIB

Bupati Bersama Ketua DPRD Bengkalis Teken KUA PPAS 2017

BENGKALIS (WAHANARIAU) - Bupati Bengkalis Amril Mukminin bersama Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis

Minggu,26 November 2017 - 01:18:03 WIB

Ketua DPRD Inhil Bimbing Langsung Peserta Jambore Anak PMKS

  TEMBILAHAN - Ketua DPRD Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) H Dani M Nursalam membimbing secara

Jumat,01 Desember 2017 - 14:25:31 WIB

Jelang Konferkot, Kambali dan Rezi Deklarasi Maju Calon Ketua PWI Dumai

DUMAI - Menjelang Konferensi Kota (Konferkot) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Dumai 5 Desemb

Kamis,31 Agustus 2017 - 10:46:03 WIB

Ketua DPRD Inhil Hadiri Penutupan Peringatan HUT RI dan Pelepasan Mahasiswa KKN di Desa Teluk Jira

INHIL - Ketua DPRD Kabupaten Indragiri Hilir, H Dani M Nursalam, S.Pi, M.Si di dampingi Ketua Komisi

Senin,17 Juli 2017 - 11:04:55 WIB

Bupati Wardan Apresiasi Kesuksesan Muscab Pramuka Inhil Dan Terpilihnya Junaidi Sebagai Ketua Kwarcab Periode 2017 - 2022

  Tembilahan - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan mengapresiasi kesuksesa

BERITA LAINNYA
Selasa,11 Desember 2018 - 05:08:26 WIB

Asia’s Digital ID Technology Developments Gain Pace

Real ID advances with Optical Character Recognition (OCR) and cross-racial facial recognition accura

Selasa,11 Desember 2018 - 05:04:56 WIB

Cyber Wars – The Enterprise Strikes Back

A Frost & Sullivan Executive MindXchange on Building Cyber Resilient Enterprises SINGAPORE -&nb

Selasa,11 Desember 2018 - 05:00:14 WIB

Spackman Entertainment Group’s Film, DEFAULT, Grosses US$20 Million in Box Office Revenue, Surpassing Break-even Point of 2.6 Million Tickets within 12 Days

DEFAULT, the highest November opening in the history of the Korean box office, regained #1 positio

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI