Ketua SPS Riau Prihatin Kabar Hoax Terpa Syamsuar Bupati Siak

Ketua SPS Riau Prihatin Kabar Hoax Terpa Syamsuar Bupati Siak

PEKANBARU - Ketua Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Riau Zulmansyah Sekedang mengaku prihatin dengan berita hoax yang menerpa Bupati Siak H. Syamsuar beberapa hari terakhir. Hal tersebut dikatakannya menyikapi pemberitaan orang nomor satu negeri istana itu, yang disebut-sebut “ngumpet” di ruang VIP saat menghadiri Rakorwil PKS Riau beberapa waktu lalu.

Berita-berita hoax seperti ini kata dia, membuat kalangan insan pers merasa sedih. Sebelumnya sebut GM Riau Pos ini, mantan Wali Kota Pekanbaru juga pernah menjadi korban hoax dan diberitakan meninggal dunia, demikian pula Gubernur Riau yang diberitakan tidak menginginkan adanya penunjukan pejabat Wakil Gubernur.

“Berita hoaz terbaru, Bupati Siak Pak Syamsuar yang datang ke acara Rakorwil PKS kemarin, tiba-tiba diberitakan ngumpet. Tanpa ada klarifikasi yang bersangkutan tiba-tiba diberitakan seperti itu, dan hal itu tentu sangat menyedihkan bagi kami insan pers. Kalau yang menyebar hoax anggota kita di SPS tentu akan dibina, tapi kalau bukan kita biarkan untuk dibinasakan” kata Zulmansyah saat memberikan sambutan sempena Media Expo 2017 dan SPS Award di Mall SKA, Minggu (26/03/17).

Maraknya berita hoax akhir-akhir ini menurut Zulmansyah, tidak terlepas dari pesatnya pertumbuhan perusahaan pers yang ada di Riau.

Tahun-tahun sebelumnya, perusahaan pers yang resmi terdaftar sebagai anggota di SPS jumlahnya hanya 34 media saja. Namun saat ini jumlahnya sudah bertambah menjadi 88 perusahaan pers.

Lebih lanjut dikatakan jurnalis senior kelahiran Banda Aceh ini, SPS mendukung diterapkannya prosedur hak jawab bagi perusahan pers yang salah dalam pemberitaan. Namun untuk media abal-abal dan tidak berstatus perusahaan pers, Zulam mempersilahkan untuk dilaporkan pada kepolisian.

“Bisa diproses secara hukum, bisa dikenalkan pasal 73 UU ITE dengan ancaman 6 tahun penjara” tegasnya dihadapan Kapolda Riau dan sejumlah kepada daerah di Riau yang turut hadir sebagai undangan.

Dalam kegiatan rutin tahunan yang dilanjutkan dengan deklarasi SPS Riau untuk pers profesional anti hoax tersebut, SPS Riau juga turut memberikan penghargaan kepada sejumlah mitra kerja pers yang dianggap berjasa, diantaranya Kapolda Riau, Bupati Bengkalis, Walikota Dumai, Bupati Inhil serta Bupati Siak H.Syamsuar yang diwakili Kabag Humas dan Protokol Wan Syaiful Effendi.

Dalam acara yang turut dihadiri unsur organisasi profesi PWI, AJI, IJTI, dan PJI itu, Wan Saiful menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas diterimanya Anugerah SPS Award tersebut.

“Kami sampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya, semoga kemitraan ini terus berlanjut demi kemajuan Kabupaten Siak dan Provinsi Riau” sebut mantan Camat Siak ini.*** (humassiak)

Berita Lainnya

Index