Bupati Bengkalis: Pemuda Pancasila Diharapkan Mampu Terap Nilai Pancasila

Bupati Bengkalis: Pemuda Pancasila Diharapkan Mampu Terap Nilai Pancasila
Bupati Bengkalis Amril Mukminin saat menghadiri pelantikan PAC Pemuda Pancasila, Kecamatan Pinggir, di Desa Pinggir, Sabtu (25/3/2017).

PINGGIR – Sebagai organisasi yang namanya mengusung Pancasila, diharapkan Pemuda Pancasila, mampu menerapkan dan merefleksikan perilaku dan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari–hari.

“Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila itu, selalu mengedepankan nilai-nilai ketuhanan, menunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, saling menghargai di tengah-tengah perbedaan, mendepankan musyawarah dan jangan sampai melakukan perbuatan merugikan kepentingan umum serta mengabaikan hak dan kewajiban orang lain,” ungkap Bupati Bengkalis Amril Mukminin pada saat pelantikan Pengurus Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila, Kecamatan Pinggir, di Desa Pinggir, Sabtu (25/3/2017).

Lebih lanjut Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi Pemuda Pancasila ini mengatakan, Pemuda Pancasila dalam percaturan global saat ini harus tampil di depan, dengan semangat tiga pilar kekuatan utama, yaitu semangat solidaritas, integritas dan profesionalitas. Inilah titik tolak keterlibatan dan peran aktif Pemuda Pancasila dalam setiap gerak langkah pembangunan bangsa.

“Kami berharap Pemuda Pancasila terus membangun nilai-nilai kebersamaan, tampil berprestasi, berdaya saing, berwawasan dalam mendukung pembangunan daerah ini. Berperan serta dalam mendukung visi Kabupaten Bengkalis tahun 2016-2021, yakni terwujudnya Kabupaten Bengkalis sebagai model negeri maju dan makmur di Indonesia,” tandasnya.

Pemuda Pancasila mempunyai peran penting dan strategis dalam mendukung pemerintah dan pembangunan Kabupaten Bengkalis. Untuk itu, Pemuda Pancasila Kabupaten Bengkalis diminta untuk bersatu padu bergandeng tangan mendukung program pemerintah.

Pada kesempatan itu, Amril mengutip pernyataan Presiden RI I, Soekarno, beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut gunung semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda, akan aku guncangkan dunia. Pernyataan itu sangat dahsyat, menunjukkan pemuda sebagai refleksi masa depan bangsa. Artinya, maju mundurnya suatu bangsa ada di tangan pemuda. Untuk itu, jiwa dan gelora pemuda perlu terarah ke jalur yang benar.

“Memang betapa dahsyatnya makna yang tersirat dari pernyataan bung karno tersebut. Sebab hanya dengan sepuluh pemuda, tapi bisa menguncang dunia. Dapat dibayangkan, jika seluruh elemen pemuda pancasila bersatu padu dan bergandeng tangan, Insya allah, kita akan mencapai tujuan mulia untuk membangun dan memajukan Negeri Junjungan ini,” tandas Amril Mukminin.

Lebih lanjut Amril menegaskan Pemuda Pancasila harus menjadi pioner dalam pembangunan daerah dan siap menjadi agent social change. Hilangkan kesan premanisme yang dulu pernah melekat pada Pemuda Pancasila. Kini tampilkan wajah Pemuda Pancasila sebagai pelindung dan memberikan rasa aman kepada masyarakat dan humanis.

Turut hadir dalam pelantikan pengurus PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Pinggir, Plt Sekretaris Daerah Arianto, Camat Pinggir Jamaludin, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Bengkalis Riki Rihardi, pengurus MPW Pemuda Pancasila Provinsi Riau, serta sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kabuapten Bnegkalis.*** (humas)

#Pemkab Bengkalis

Index

Berita Lainnya

Index