Pelaksanaan MTQ Pinggir, Ajang Pemanasan Level Kabupaten

Pelaksanaan MTQ Pinggir, Ajang Pemanasan Level Kabupaten
Bupati Bengkalis, bersalaman dengan salah seorang masyarakat Kecamatan Pinggir, Sabtu malam (25/3/2017) di lapangan bola Desa Pinggir.

PINGGIR – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-14 tingkat kecamatan Pinggir merupakan kegiatan tahunan, juga sebagai ajang pemanasan. Mengingat pada tahun 2017 ini juga, Pinggir dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ ke-42 tingkat Kabupaten Bengkalis.

“Meskipun waktu pelaksanaannya belum diputuskan, kami berharap kepada seluruh masyarakat dan pihak terkait, khususnya umat Islam di Kecamatan Pinggir ini, supaya mulai dari sekarang mempersiapkan hal tersebut dengan sebaik-baiknya,” demikian diungkapkan Bupati Bengkalis Amril Mukminin saat pembukaan MTQ ke-14 Tingkat Kecamatan Pinggir, Sabtu malam (25/3/2017) di lapangan bola Desa Pinggir.

Amril Mukminin mengatakan, sebagaimana MTQ ke-41 tingkat Kabupaten Bengkalis di Tanjung Medang, Kecamatan Rupat Utara pada tahun 2016 lalu, pihaknya mengupayakan agar Gubernur Riau juga dapat membuka secara resmi. Mendengar pernyataan itu, langsung disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir pada malam pembukaan itu.

“Kami berharap pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan yang buka mulai malam ini harus dilaksanakan sebaik mungkin, agar kedepan Kecamatan Pinggir sukses sebagai tuan rumah dan sukses meraih prestasi,” ujar mantan Kepala Desa Muara Basung ini.

Lebih lanjut Amril mengungkapkan tak kalah penting momen MTQ harus dijadikan sebagai salah satu sarana peningkatan pengetahuan, pemahaman, dan pengamalan isi kandungan Al Qur’an. Bukan didasari niat lain, seperti ingin menjadi peserta terbaik. Tetapi benar-benar didasari motivasi untuk membangkitkan masyarakat yang qur’ani.

Amril mengajak masyarakat di Kecamatan Pinggir, agar MTQ ke-14 ini dijadikan filter (penyaring) berbagai dampak negatif kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tak selaras dengan kandungan Al Qur'an. Kemudian menjadikan MTQ ke-14 sebagai pondasi perubahan ke arah kebaikan, serta mewujudkan cita-cita sebagai generasi penerus daerah dan bangsa yang qur'ani.

Sedangkan kepada seluruh umat Islam di Kecamatan Pinggir, selain sebagai salah satu upaya memelihara kesucian Al Qur'an, dan syiar Islam.  Pelaksanaan MTQ, hendaknya sebagai sarana dakwah bagi kemaslahatan, serta bagian penting pengamalan nilai-nilai universal islam sebagai tuntunan hidup yang hakiki, di tengah-tengah keluarga dan masyarakat. Hanya dengan cara demikian, kita dapat menjadikan umat Islam di Kecamatan Pinggir ini masyarakat yang qur'ani.

“Semoga Allah SWT., senantiasa memberikan hidayah dan inayah-nya, sehingga MTQ ke-14 Kecamatan Pinggir ini benar-benar menjadi momentum kebangkitan, sehingga kita dapat menjadikan umat islam di daerah ini, utamanya di Kecamatan Pinggir ini sebagai masyarakat yang qur'ani, demi terwujudnya Kabupaten Bengkalis, Negeri Junjungan yang sama-sama kita cintai ini, sebagai model negeri maju dan makmur di Indonesia,” pungkas suami Kasmarni ini.*** (humas)

#Pemkab Bengkalis

Index

Berita Lainnya

Index