• Follow Us On : 

PDGI Bekerjasama Dengan Dinkes Dan Disdik Inhil Taja Sikat Gigi Massal


Dedek Pratama | Jumat,07 April 2017 - 20:46:47 WIB
Dibaca: 406 kali 
PDGI Bekerjasama Dengan Dinkes Dan Disdik Inhil Taja Sikat Gigi Massal

 Tembilahan - Dalam rangka memperingati hari kesehatan gigi dan mulut dunia, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Indragiri Hilir (Inhil) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Inhil menaja kegiatan Sikat Gigi Massal 2000 Murid SD dan TK/PAUD di Lapangan Gajah Mada, Tembilahan, Kamis (6/4/2017) pagi.

Turut hadir dalam kegiatan, Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan yang didampingi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Inhil, Hj Zulaikha Wardan, beserta unsur Forkopimda lainnya, beberapa pejabat eselon di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Inhil, para Dokter Gigi yang terhimpun dalam PDGI Cabang Inhil, dan 2000 murid SD, TK, dan PAUD yang melaksanakan sikat gigi massal.

Dalam sambutannya, Bupati Inhil, HM Wardan mengatakan, kegiatan sikat gigi massal yang diselenggarakan merupakan sebuah upaya meningkatkan kesehatan gigi dan mulut yang dilakukan sejak dini.

"Selain itu, kegiatan sikat gigi massal ini juga bertujuan untuk meningkatkan semangat, kepedulian para murid SD, TK dan PAUD terhadap kesehatan gigi dan mulut mereka," ucapnya.

Tidak hanya oenting bagi gigi dan mulut, dikatakan Wardan, menyikat gigi merupakan sebuah langkah penting yang mesti dilakukan guna kesehatan tubuh.

"Sebab, bakteri - bakteri yang berada di mulut dan gigi, jika tidak diberaihkan secara rutin dengan cara menyikat gigi, maka akan berdampak negatif terhadao keaehatan tubuh. Untuk itu, perlu upaya menjaga kesehatan mulut dan gigi sedari dini," katanya.

Selanjutnya, Wardan juga memberikan apresiasi kepada PDGI Cabang Inhil, Dinkes dan Disdik Inhil, yang telah bekerjasama menyelenggarakan kegiatan sikat gigi massal ini.

"Ini kegiatan (Sikat Gigi Massal, red) ketiga kalinya. Dalam kegiatan yang pertama pada tahun 2015 silam, jumlah peserta belum begitu ramai. Pada tahun kedua yang dilaksanakan di Kempas, jumlah peserta meningkat hingga hampir 1000 siswa. Di tahun ketiga ini, Alhamdulillah, pesertanya sudah mencapai angka 2000 orang," terangnya.

Dalam penyampaiannya, Wardan juga berpesan kepada Kepala Sekolah dan Majelis Guru, agar dapat senantiasa memberikan edukasi bagi para murid tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

"Saya minta perhatian dalam kegiatan ini, buat Kepala Sekolah dan majelis guru. Jangan hanya menjadikan kegiatan ini, sebatas kegiatan seremonial belaka. Kelanjutannya, diharapkan bisa memberikan edukasi bagi para siswa agar konsisten menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara menyikat gigi secara rutin maupun dengan memeriksakan diri ke Dokter gigi setiap 6 bulan sekali," mintanya.

Sinergi Dinkes dan Disdik Inhil dalam kegiatan ini, disebutkan Wardan, dilatarbelakangi oleh keinginan Pemerintah Kabupaten Inhil untuk senantiasa melaksanakan pemerataan pelayanan kesehatan, dalam hal ini kesehatan gigi dan mulut.

"Melalui kegiatan ini, Pemkab Inhil, ingin menyebarluaskan pola hidup sehat, dengan terlebih dahulu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, Kami (Pemkab, Inhil, red) juga ingin memberikan pemahaman bagi orang tua tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut bagi anak - anak mereka, untuk kemudian senantiasa diberikan perhatian bahi mereka," jelasnya. 

Sebelum arahan yang diberikan oleh Bupati Inhil, HM Wardan, dilakukan pembacaan ikrar sikat gigi oleh sepasang Dokter Kecil dihadapan ribuan peserta lain.

Usai penyampaian arahan oleh Bupati Inhil, HM Wardan, dilaksanakan beberapa kegiatan lain yang merupakan satu rangkaian dengan kegiatan sikat gigi massal, diantaranya penyerahan sikat gigi secara simbolis oleh Bupati Inhil, HM Wardan kepada perwakilan peserta, penyerahan plakat bagi SDN 009 Tembilahan sebagai SD Binaan, pelepasan balon udara, senam bersama pengurus PDGI Cabang Inhil dan para peserta. (Adv)


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Jumat,12 Januari 2018 - 23:33:24 WIB

Meriahkan HPN 2018, PWI Riau Gelar LKTJ Raja Haji Ali Kelana

PEKANBARU - Dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, Persatuan Wartawan Indonesia (PW

Kamis,11 Januari 2018 - 20:26:38 WIB

Keseruan Family Gathering Ala Velozity Chapter Riau Di Provinsi Sumatera Barat

DUMAI - VCR (Velozity Chapter Riau) kembali melaksanakan agenda tahunan rutin berupa Family Gatherin

Kamis,11 Januari 2018 - 20:22:40 WIB

Jelang Pilgubri 2018, Ini Pesan Dandim 0320 Kepada Insan Pers Dumai

DUMAI – Komando Distrik Militer (Kodim) 0320 Dumai menggelar Coffee Morning bersama puluh


BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI