DPRD Inhil Pastikan Terus Dukung Program Penyelamatan Kelapa

DPRD Inhil Pastikan Terus Dukung Program Penyelamatan Kelapa

Tembilahan - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), memastikan untuk terus mendukung Program Penyelamatan Kelapa yang telah menjadi program prioritas Pemkab Inhil sejak tiga tahun terakhir. Hal ini dinyatakan tegas oleh Ketua Komisi I DPRD Inhil, Yusuf Said, Sabtu (8/4/2017).

"Hari ini telah kita saksikan sendiri bagaimana hasil dari keseriusan Pemkab Inhil dibawah kepemimpinan Bupati Wardan untuk penyelamatan kebun kelapa masyarakat ini. Sudah banyak kebun-kebun yang keadaannya kini semakin baik, hasil program ini. Tapi disamping itu, masih banyak juga kebun-kebun masyarakat lainnya yang kini masih membutuhkan sentuhan program ini. Untuk itulah kita wajib mendukung program yang telah diprioritaskan ini," ujar Yusuf Said.

Yusuf Said sendiri memberi aplaus upaya Pemkab Inhil yang terus berkesinambungan hingga saat ini. Dipaparkannya, alat berat yang semula hanya ada 4 unit saja, 2017 sudah menjadi 16 unit yang disebar di 20 kecamatan se-Inhil.

"Ini tentu patut kita apresiasi. Berbagai upaya dilakukan untuk menggesa penyelamatan kebun kelapa yang memang menjadi mata pencaharian lebih dari 75 persen masyarakat Inhil," kata Yusuf Said.

Dari penganggaran untuk mendukung program tersebut berlanjut, papar Yusus Said, yang tersebar mulai dari Dinas Perkebunan, Bina Marga, hingga Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) angkanya juga tak main-main.  Diungkapkannya, jika ditotal keseluruhan nilai mencapai puluhan miliar rupiah.

"Tersebar dalam berbagai program. Mulai dari operasional alat berat untuk pembuatan tanggul hingga normalisasi paret serta pembuatan pintu klep trio tata air," ungkap Yusuf Said.

Yusuf Said sendiri sempat bercerita tentang perjalanannya, bersepeda ke beberapa desa di Kecamatan Tanah Merah. Itu dimulai dari Kelurahan Tembilahan Seberang lalu terus ke Desa Tekulai Bugis hingga ke ujung Desa Tekulai Hilir.

Dikatakan pria yang asli Desa Tekulai Bugis, Kecamatan Tanah Merah, itu, dia telah banyak saksikan kebun-kebun masyarakat yang dulunya terancam mati, kini telah mulai membaik. Begitu pula dengan kondisi jalannya sendiri, melalui berbagai program yang telah dirancang Pemkab Inhil, walau dalam keadaan anggaran yang tak besar, namun mampu memperbaikinya tahap demi bertahap.

"Untuk itulah kita akan mendukung terus berbagai program prioritas yang telah dirancang Pemkab Inhil tersebut dibawah kepemimpinan HM Wardan, untuk dilanjutkan" tegas politisi Partai Golkar itu.(Adv/DPRD/Dex)

Berita Lainnya

Index