• Follow Us On : 

Dianggap Menguntungkan, Anggota DPRD Rohul Ajak Masyarakat Tanam Kelengkeng


Ingatan | Kamis,20 April 2017 - 14:37:27 WIB
Dibaca: 307 kali 
Dianggap Menguntungkan, Anggota DPRD Rohul Ajak Masyarakat Tanam Kelengkeng Budidaya Kelengkeng dianggap sangat menguntungkan. Sebatang bisa menghasilkan Rp12 juta. Karena itu, anggota DPRD Rohul mengajak masyarakat menanamnya.

PASIRPANGARAIAN - Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Gusri mengajak masyarakat di Kecamatan Ujung Batu menanam pohon tanaman buah lengkeng di lahan pekarangan atau kebunnya.

Ajakan tersebut disampaikan Gusri ke masyarakat ketika menggelar reses Masa Persidangan II tahun 2017 di kebunnya di Desa Suka Damai Kecamatan Ujung Batu, Selasa (18/4/17).

Politisi Partai Demokrat ini mengungkapkan satu batang pohon lengkeng bisa menghasilkan 400 kilogram (kg) dalam dua kali panen per tahun.

Bila buah lengkeng dijual dengan harga Rp30 ribu per kg, maka masyarakat bisa menghasilkan Rp12 juta per tahun dari satu pohon.

Wakil Rakyat dari Daerah Pemilihan IV (empat) ini mengakui ia sengaja gelar reses terakhirnya di lahan perkebunan buah-buahan miliknya di Desa Suka Damai, karena ia berharap masyarakat yang datang bisa melihat langsung tanaman buah-buahan miliknya.

"Saya berharap hal ini bisa memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan-lahan mereka untuk ditanami tanaman buah-buahan seperti ini," ujar Gusri.

Pada resesnya, Gusri mengajak masyarakat di Desa Suka Damai untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah atau lahan kosong sebagai tempat pembudidayaan tanaman buah-buahan.

Selain itu, Gusri mengajak pemerintah untuk membuat pelatihan terhadap masyarakat karena ia menilai tanaman kelapa sawit yang merupakan komoditas pertanian yang sedang tren tidak produktif lagi, menyusul anjloknya harga CPO karena dikuasai oknum mafia atau orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

"Di saat kelapa sawit sedang trek, buah-buahan seperti ini bisa jadi sumber pendapatan lain bagi masyarakat Rokan Hulu, khususnya bagi masyarakat Desa Suka Damai," kata Gusri.

"Saya akan mengajak pemerintah untuk membuat pelatihan penanaman buah-buahan, karena kita lihat sekarang ini kelapa sawit tidak produktif lagi. Apalagi, komoditas pertanian sering trek dan harga-harga sudah dikuasai mafia-mafia CPO," tambahnya.

Di sela resesnya, Gusri membagikan bibit tanaman buah-buahan miliknya ke masyarakat, salah satunya bibit lengkeng. Bibit gratis ini diharapkan ditanam masyarakat di pekarangan rumah.*** (riauterkini)


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Jumat,13 Oktober 2017 - 20:18:05 WIB

Dianggap Kontradiktif Dengan Misi Pembangunan Sektor Perkebunan Kelapa, Bupati Inhil Beri Jawaban Ihwal Penyelenggaraan FKI

  Concong - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan memberikan jawaban ihwal m

Jumat,02 Desember 2016 - 10:05:00 WIB

Jukir di Pekanbaru Minta Uang Parkir dengan Tarif Baru, Dianggap Pungli

PEKANBARU (WAHANARIAU) - Peraturan Daerah (Perda) tentang parkir belum ditetapkan meski sudah disetu

BERITA LAINNYA
Jumat,12 Januari 2018 - 23:33:24 WIB

Meriahkan HPN 2018, PWI Riau Gelar LKTJ Raja Haji Ali Kelana

PEKANBARU - Dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, Persatuan Wartawan Indonesia (PW

Kamis,11 Januari 2018 - 20:26:38 WIB

Keseruan Family Gathering Ala Velozity Chapter Riau Di Provinsi Sumatera Barat

DUMAI - VCR (Velozity Chapter Riau) kembali melaksanakan agenda tahunan rutin berupa Family Gatherin

Kamis,11 Januari 2018 - 20:22:40 WIB

Jelang Pilgubri 2018, Ini Pesan Dandim 0320 Kepada Insan Pers Dumai

DUMAI – Komando Distrik Militer (Kodim) 0320 Dumai menggelar Coffee Morning bersama puluh


BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI