Forikan dan BSP Sosialisasi Manfaatkan Potensi Sumber Daya Ikan

Forikan dan BSP Sosialisasi Manfaatkan Potensi Sumber Daya Ikan
Ketua Forikan Kabupaten Siak Rasidah Alfedri dalam sambutannya mengatakan, tujuan diselenggarakan sosialisasi ini adalah untuk melatih keterampilan dan pengetahuan bagi kelompok UP2K, ilmu yang didapat nantinya bisa dipraktekkan di rumah, terlebih lagi da

SIAK - Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Siak bekerjasama dengan PT Bumi Siak Pusako (BSP), gelar sosialisasi dan pelatihan masak berbahan serba ikan, teruntuk Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK se Kabupaten Siak.

Menu kali ini adalah masakan kerupuk ampelang tenggiri, kerupuk kulit ikan tenggiri, kerupuk tulang ikan tenggiri, burger ikan, dan bakso ikan. Kegiatan itu berlangsung di Kecamatan Pusako Kabupaten Siak, Kamis (20/4/17).

Ketua Forikan Kabupaten Siak Rasidah Alfedri dalam sambutannya mengatakan, tujuan diselenggarakan sosialisasi ini adalah untuk melatih keterampilan dan pengetahuan bagi kelompok UP2K, ilmu yang didapat nantinya bisa dipraktekkan di rumah, terlebih lagi dapat menambah income pendapatan keluarga jika produk dipasarkan.

"Kami forikan kabupaten Siak, berharap kegiatan ini dapat menambah ilmu pengetahuan bagi kelompok UP2K, harapannya peserta dapat mempraktekkan hasil yang di dapat hari ini," ujar Rasidah.

Selain itu kata Rasidah,  nantinya dapat menambah pendapatan keluarga dengan memaanfaatkan potensi sumber daya ikan di kecamatan masing-masing. Melalui cara memasarkan hasil yang didapat yakni dengan pembuatan ampelang, kerupuk, burger dan bakso ikan.

Dijelasjannya, kegiatan ini juga dapat membantu peserta (ibu-ibu) memasyarakatkan gemar makan ikan, sehingga tujuan akhirnya adalah untuk mencerdakan generasi penerus kabupaten Siak, dengan harapan putra-putri kabupaten Siak menjadi anak sehat, kuat dan cerdas.

Sosialisasi dan pelatihan Forikan ini diadakan setiap tahun, dan terbagi menjadi 4 rayon. Yakni rayon pertama di Kecamatan Pusako, Sungai Apit, Sabak Auh, Bungaraya, kemudian rayon kedua di Kecamatan Mempura, Dayun dan Siak, sementara untuk rayon ketiga di Kecamatan Tualang, Sungai Mandau, Minas dan Kandis, kemudian untuk rayon keempat di Kecamatan Lubuk Dalam, Kerinci Kanan, dan Koto Gasib.*** (humas)

#Pemkab Siak

Index

Berita Lainnya

Index