Bupati Inhil dan Gubernur Riau Ikuti Haul Ke - 80 Syeikh Abdurrahman Siddiq

Bupati Inhil dan Gubernur Riau Ikuti Haul Ke - 80 Syeikh Abdurrahman Siddiq

TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan bersama Gubernur Riau ikuti seluruh rangkaian prosesi Peringatan Haul Ke - 80 Syeikh Abdurrahman Siddiq Bin Syeikh M. Afif Al - Banjari di Hidayat, Desa Teluk Dalam, Kecamatan Kuala Indragiri, Senin (1/5/2017) pagi.

Turut hadir, Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), rombongan bupati dan gubernur serta sejumlah tokoh agama serta ribuan peziarah lainnya, baik yang berasal dari Kabupaten Inhil maupun luar Kabupaten Inhil.

Bupati Inhil, HM Wardan dalam sambutannya pada prosesi pembukaan mengatakan, penghargaan terhadap Syeilh Abdurrahman Siddiq begitu besar, tak hanya berasal dari Kabupaten Inhil, melainkan juga oleh pihak dari luar daerah Kabupaten Inhil.

"Salah satu wujud dari penghargaan tersebut diberikan terhadap karya - karya Syeikh Abdurrahman Siddiq yang dikemas dalam berbagai bentuk, baik buku, syair dan lain sebagainya. Diketahui, buku karya Syeikh Abdurrahman Siddiq saja yang tercatat ada sekitar 12 buah. Belum lagi buku lainnya yang tidak teridentifikasi," katanya.

Bupati Wardan mengatakan, Syeikh seorang ulama besar yang karismatik dan cerdas yang telah banyak memberikan kontribusi kepada ummat, salah satunya melalui karya - karya yang diciptakan dan hingga saat ini masih diadopsi dan diterapkan oleh banyak ummat muslim.

"Salah satu karya Syeikh Abdurrahman Siddiq yang tersohor adalah syair 'ibarat kabar kiamat'. Dalam setiap even kegiatan Kabupaten, Pemerintah Kabupaten senantiasa memperlombakan syair tersebut. Sebab, dalam syair, banyak sekali pesan, mengingatkan kita sebagai umat untuk mempersiapkan diri akan kedatangan hari kiamat," pungkasnya.

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dalam sambutannya mengatakan, Syeikh Abdurrahman Siddiq telah menyebarkan agama Islam ke banyak daerah, tidak hanya dalam negeri, bahkan juga luar negeri.

"Beliau telah memperlihatkan kepada kita persatuan dan kesatuan. Contohnya, silahturrahmi yang ditinggalkan oleh Beliau berupa peringatan Haul ini. Peringatan yang bertujuan untuk mengenang Syeikh Abdurrahman Siddiq," tuturnya.

Untuk itu, guna melestarikan tradisi religi ini, Gubernur Riau mengungkapkan, pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan memberikan bantuan berupa dana menggunakan APBD Provinsi Riau pada tahun anggaran 2018 mendatang.

"Pemprov akan mendukung dengan cara menganggarkan bantuan dana untuk penyelenggaraan Haul Syeikh Abdurrahman Siddiq ini pada tahun 2018. Semoga, bantuan ini memberikan manfaat positif dan dapat dilakukan secara berkesinambungan pada tahun - tahun yang akan datang," ujarnya.

Ketua Panitia Haul Ke - 80 Syeikh Abdurrahman Siddiq, DR H M Ali Azhar,  S.Sos., MH mengungkapkan, dalam penyelenggaraan kegiatan haul ini, terdapat sejumlah kontribusi yang diberikan oleh berbagai pihak, baik dalam wujud materiil maupun non-materiil.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut membantu mensukseskan penyelenggaraan Haul kali ini. Ini artinya, masih terdapat kepedulian yang besar terhadap Mufti Kerajaan Indragiri, Syeikh Abdurrahman Siddiq," katanya.

Ali Azhar, juga berharap  mendapat bantuan dari pemerintah daerah guna pembangunan beberapa  fasilitas untuk mengakomodir kehadiran para jema'ah yang hadir dalam Haul Syeikh Abdurrahman Siddiq setiap tahunnya.

"Masih banyak sekali yang perlu dibenahi kedepannya. Seperti halnya, infrastruktur jalan dan dermaga yang setiap tahunnya senantiasa dipadati oleh para jema'ah yang berkunjung," tukasnya. (Adv/Dex)

#Pemkab Inhil

Index

Berita Lainnya

Index