• Follow Us On : 

Bupati Bengkalis: Melestarikan Lingkungan Harus Dimulai Sejak Dini


Ingatan | Kamis,04 Mei 2017 - 21:28:32 WIB
Dibaca: 434 kali 
Bupati Bengkalis: Melestarikan Lingkungan Harus Dimulai Sejak Dini Plt Sekretaris Daerah, H. Arianto membacakan sambutan Bupati Bengkalis pada acara Sosialisasi Menuju Sekolah Adiwiyata Berkelanjutan tingkat Kabupaten Bengkalis, di Gedung Daerah Datuk Laksamana, Kamis (4/5/2017)

BENGKALIS -  Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengatakan, pengetahuan dan pemahaman kelestarian lingkungan dalam proses pembangunan harus dilakukan sejak dini.

Ungkapan itu disampaikannya saat membuka secara resmi Sosialisasi Menuju Sekolah Adiwiyata Berkelanjutan tingkat Kabupaten Bengkalis, diwakili Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Plt Sekda) H Arianto,  di Gedung Daerah Datuk Laksamana, Kamis (4/5/2017).

Masih kata Plt Sekda, program sekolah adiwiyata diharapkan mampu untuk menanamkan kepedulian warga sekolah, khususnya peserta didik dalam menjaga dan melestarikan alam dan lingkungan sekitar.

Lebih lanjut Arianto menegaskan, program sekolah adiwiyata ini, jangan hanya semata-mata berorientasi pada sasaran jangka pendek, sebagai prestise untuk memperoleh penghargaan adiwiyata. Akan tetapi harus berkomitmen bagi seluruh warga sekolah untuk mencetak dan melahirkan peserta didik peduli terhadap kelestarian lingkungan.

“Sekolah adiwiyata merupakan sebagai generasi penerus pembangunan yang mempunyai komitmen dan kepedulian yang tinggi dalam menjaga kelestarian lingkungan, khususnya dalam mewujudkan green school di sekolah masing-masing,” ungkap Arianto.

Program adiwiyata, menurutnya sangat memberikan manfaat besar bagi warga sekolah, terutama dalam menciptakan kebersamaan, menghidupkan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif, menjadi tempat pembelajaran tentang nilai‚Äźnilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar.

Serta yang paling penting, sosialisasi menuju sekolah adiwiyata dapat meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan di sekolah.

“Dengan adanya sekolah berwawasan lingkungan atau sekolah adiwiyata diharapkan menjadi salah satu solusi untuk menyiapkan generasi penerus yang berwawasan lingkungan dengan mendidik peserta  yang nanti akan meneruskan estafet pembangunan. Setiap saat, kapan dan dimanapun, yang menjadi kewajiban dan tanggungjawab kita untuk menjaga dan memperbaiki kelestarian lingkungan, agar terjaga dengan baik,” terang Arianto.

Sementara itu, hal senada juga disampaikan Ketua Panitia Pelaksana Program Sosialisasi Menuju Sekolah Adiwiyata Berkelanjutan Kabupaten Bengkalis, Rafiani. Ia mengaku, program adiwiyata merupakan pendorong dan pembentuk sekolah peduli dan berbudidaya lingkungan yang mampu berpartisipasi terhadap pelestarian lingkungan.

Lebihlanjut Rafiani menjelaskan, pada tahun 2016 Kabupaten Bengkalis, dalam menciptakan generasi penerus bangsa melalui program sekolah adiwiyata, telah mengukir prestasi dari berbagai tingkat.

Diantaranya, 10 sekolah peraih adiwiyata tingkat kabupaten, 10 sekolah peraih adiwiyata tingkat Provinsi, 5 sekolah peraih adiwiyata tingkat nasional dan 1 sekolah peraih adiwiyata tingkat mandiri.

“Sedangkan pada tahun 2017 tahun ini, telah dilakukan penilaian calon sekolah adiwiyata provinsi sebanyak 11 sekolah yang telah dilaksanakan pada April tahun 2017 lalu. Rencananya hasil penilaian akan diumumkan pada peringatan hari lingkungan hidup sedunia tepatnya pada tanggal 5 Juni 2017 di Pekanbaru,” tutupnya.*** (humas)


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Kamis,04 Mei 2017 - 09:53:10 WIB

Bupati Bengkalis Buka Lomba Kreativtas Anak TK Se-Kabupaten Bengkalis

BENGKALIS - Bupati Bengkalis, Amril Mukminin di dampingi Bunda Paud Kabupaten Bengkalis, Kasmarni Am

Selasa,02 Mei 2017 - 16:24:14 WIB

Bupati Memaknai Hardiknas sebagai Spirit Percepatan Pendidikan yang Merata dan Berkualitas

BENGKALIS - Bupati Bengkalis, Amril Mukminin memaknai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 201

Senin,20 Maret 2017 - 17:43:01 WIB

Bupati Bengkalis: Guru Ngaji Pahlawan, Berjasa Melestarikan Ayat-ayat Allah

BENGKALIS - Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Heri In

Selasa,02 Mei 2017 - 16:19:32 WIB

Bupati Tinjau Pelaksanaan UN di Bengkalis

BENGKALIS - Usai memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional di Lapangan Tugu, Bupati Bengkalis Amril

Selasa,02 Mei 2017 - 16:11:08 WIB

Pastikan Pelaksanaan Berjalan Lancar, Bupati dan Wabup Kuansing Tinjau UN SMP 2017

TELUK KUANTAN - Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional (UN) bagi siswa dan siswi tingkat SMP sedera

BERITA LAINNYA
Jumat,23 Februari 2018 - 09:13:41 WIB

UEK Perdana Mandiri Sejahtera Gelar MKPT, Pedagang Sate Dapatkan Rp10 Juta dan Emas 35 Gram

SUNGAI PAKNING – Tarmizi pedagang sate di Sungai Pakning, Kamis 22 Februari 2018, dapat &

Kamis,22 Februari 2018 - 20:23:47 WIB

TP PKK Desa Selatbaru Siap Wakili Riau di Tingkat Nasional

BENGKALIS - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa Selat Baru Kecamatan

Kamis,22 Februari 2018 - 15:59:06 WIB

Rizal Ramli: Jika Saya Presiden Pertumbuhan Ekonomi Bisa 10%

JAKARTA - Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menyebut tiga faktor yang m


BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI