• Follow Us On : 

Diikuti 127 Peserta, MTQ Rupat Utara Resmi Dibuka


Ingatan | Sabtu,06 Mei 2017 - 10:47:38 WIB
Dibaca: 205 kali 
Diikuti 127 Peserta, MTQ Rupat Utara Resmi Dibuka Bupati Amril Mukminin didampingi tamu undangan lainnya menekan tombol sirine tanda dibukanya MTQ tingkat Kecamatan Rupat Utara, Jum'at (05/05/2017)

TANJUNGMEDANG - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-15 tingkat Kecamatan Rupat Utara, Jum'at (05/05/2017) malam, resmi dibuka Bupati Bengkalis, Amril Mukminin. Kegiatan religi yang pelaksanaannya dipusatkan di Lapangan Kantor Camat Rupat Utara ini diikuti 127 orang peserta.

Selaras dengan tema, Amril menyambut baik dijadikannya MTQ ke-15 tingkat Rupat Utara tahun 2017, di Desa Tanjung Medang ini, yakni sebagai momentum untuk mewujudkan masyarakat yang Qur'ani unggul dan sejahtera.

"Masyarakat Qur'ani adalah masyarakat yang tidak hanya memiliki keshalihan spiritiual individu, tetapi juga memiliki keshalihan sosial yang tinggi,"terangnya.

Kepada umat muslim khususnya di Rupat Utara, menurut mantan anggota DPRD Bengkalis ini, ada beberapa cara praktis yang bisa dilakukan untuk menjadi masyarakat Qur'ani.

"Pertama, jadikan membaca Al-Qur'an sebagai budaya sehari-hari, dalam keluarga, atau bersama teman-teman dan sahabat kita. Awali dan akhir hari dengan membaca Al-Qur'an. Jadikanlah Al-Qur'an teman dan berbagi perasaan, serta menjadikannya sebagai kebutuhan primer, bukan kebutuhan sekunder," urainya.

Diyakini Amril, apabila budaya tersebut dilakukan, akan tumbuh rasa memiliki. Dan secara otomatis kita akan merasa ada suatu yang hilang, jika dalam sehari tidak ada satu pun huruf Al-Qur'an yang kita lafalkan.

Kemudian, setelah kita akrab dengan bacaan Al-Qur'an, maka latihlah dengan menghafalkan beberapa ayat dan surat. Ulangilah bacaan tersebut dalam shalat atau di saat kita senggang.

"Rasakanlah bahwa mendendangkan Al-Qur'an akan lebih indah dari semua bentuk nyanyian, lebih membawa ketenangan dan ketentraman dan tentunya mendatangkan pahala yang berlipat. Dijadikan wirid pagi, siang, sore, dan malam, sehingga lidah kita selalu basah dengan Al-Qur'an,"urainya lagi.

Selanjutnya, Amril kembali menambahkan, tingkatkan budaya membaca dan menghafalnya dengan cara untuk membahaminya. baik lewat terjemahan, belajar dengan seorang ulama, kelompok kajian atau dengan membaca beberapa buku tafsir shahih yang menjelaskan kandungan Al-Qur'an.

"Tanyakan hal-hal yang belum jelas kepada ahlinya. Jangan sampai memahami Al-Qur'an dengan pendapat sendiri, apalagi jika belum memenuhi syarat-syarat baku yang telah ditetapkan dan harus dipenuhi," ujar Amril, sembari mengingatkan.

Sedangkan yang keempat, mantan Kepala Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir itu mengajak mengamalkan Al-Qur'an semaksimal mungkin. Lebih-lebih terhadap ayat-ayat yang menunggu respon cepat kita untuk mengamalkannya, seperti zakat, sedekah, shalat, puasa, menyantuni fakir miskin dan lainnya.

"Akan lebih indah jika dalam mengamalkan ayat-ayat tersebut dilakukan secara berjamaah. Karena jika dilakukan secara berjamaah, akan membawa nuansa tersendiri dalam jiwa setiap umat muslim," ungkapnya.

Selain Bupati Amril, saat pembukaan juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Bengkalis, Indra Gunawan, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Kasmarni, Ketua Harian LPTQ Kabupaten Bengkalis, H Heri Indra Putra, Camat Rupat Utara, Agus Sofyan dan sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah.

Untuk diketahui, kegiatan MTQ yang diikuti delapan desa se-Kecamatan Rupat Utara ini, akan berakhir sampai 9 Mei mendatang. Kemudian, memperlombakan empat cabang MTQ, yakni Tilawah Al-Qur'an, Fahmil Qur'an, Syarhil Qur'an dan Tahifz Qur'an.*** (humas)


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Senin,09 Januari 2017 - 23:45:46 WIB

Inhil Culture Carnival 2016 Diikuti 2 Sanggar Negara Tetangga

Tembilahan - Indragiri Hilir Culture Carnival 2016 secara resmi dibuka oleh Bupati Inhil HM War

BERITA LAINNYA
Sabtu,18 November 2017 - 12:31:21 WIB

Pengurus PWI Riau Hadiri Konkernas PWI Pusat di Bengkulu

BENGKULU - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau hadiri Konferensi Kerja Nasiona

Kamis,16 November 2017 - 15:07:24 WIB

Turunkan Satu Unit Excavator, Sekda Dumai Tinjau TPS di Jalan Sidorejo

DUMAI - Sekretaris Daerah Kota Dumai Ir H M Nasir, MP MH MT meninjau tempat pembuangan sampah (TPS)

Rabu,15 November 2017 - 22:13:44 WIB

Inovasi Kreatif, Kapolsek Pelangiran Datangkan Narasumber dari DP2AKBP3A Sosialisasi Narkoba dan KDRT

  Pelangiran - Pemerintah Desa (Pemdes) teluk bunian menggandeng pihak kepolisian sektor (Polse


BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI