• Follow Us On : 

Menlu AS Ajak ASEAN Boikot Korea Utara


Alink Mhd Iskandar | Minggu,14 Mei 2017 - 16:50:19 WIB
Dibaca: 902 kali 
Menlu AS Ajak ASEAN Boikot Korea Utara Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson bertemu menlu negara-negara ASEAN di Washington untuk membahas upaya hadapi program misil Korea Utara. (Foto: Reuters/Joshua Roberts/File Photo)

AS - Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson bertemu dengan menteri luar negeri negara ASEAN pada Kamis (4/5/2017) di Washington, AS dalam rangka pembicaraan menekan Korea Utara untuk tak meneruskan proram misil dan nuklirnya. 

Mengutip Reuters, ini menjadi pertemuan pertama Tillerson dengan seluruh perwakilan 10 negara yang tergabung dalam Association of Southeast Asian Nations itu. Selain membahas akan upaya menghadapi Korut, pertemuan itu juga mengetengahkan persoalan regional lain, seperti masalah perbatasan Laut China Selatan antara negara ASEAN dan China.

Namun, Tillerson pada media mengungkapkan pembahasan utama dari pertemuan itu adalah mengenai persoalan Korea Utara.

Pekan lalu, di markas besar PBB, Tillerson menghimbau semua anggota PBB untuk memberi sanksi pada Korea Utara, yang mengabaikan permintaan untuk tak meneruskan program senjata mereka.

Ia juga menghimbau negara anggota PBB untuk membatalkan atau mengurangi hubungan diplomatik dengan Korut, karena jika tidak demikian sama saja mendukung program yang diusung negara tersebut.

Tillerson memberi peringatan pada negara-negara yang tidak melakukan itu, dengan alasan AS akan memberi sanksi bagi negara yang menjalin hubungan bisnis atau kerjasama dengan Korut.

Hingga saat ini, semua negara anggota ASEAN memiliki hubungan diplomatik dengan Korea Utara, dan lima di antaranya memiliki kedutaan di negara tersebut.

Pemerintahan Trump ingin negara-negara di ASEAN untuk menindak upaya pencucian uang dan kejahatan lainnya yang melibatkan Korea Utara.

Pemerintah AS juga telah bekerja sama untuk mendorong China, tetangga Korut dan satu-satunya sekutu mereka, untuk juga menekan dan memperingatkan Korea Utara. AS juga mengajak China menggunakan pengaruhnya pada negara anggota ASEAN seperti Laos dan Kamboja untuk melakukan hal yang sama.

Upaya AS akan hal ini juga meliputi ajakan melalui panggilan telpon yang dilakukan Presiden AS Donald Trump akhir pekan lalu pada sejumlah pemimpin negara seperti Filipina, Thailand dan Singapura.

Sejumlah diplomat mengungkapkan tekanan AS membuat risih negara ASEAN, di antaranya Malaysia yang memiliki hubungan baik dengan Korea Utara, di samping insiden tewasnya saudara Kim Jong Un di Kuala Lumpur pada pertengahan Februari lalu.

Sumber : CNN Indonesia


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Minggu,30 April 2017 - 18:42:19 WIB

Menlu Retno: Kerja Sama Subregional Konkret, Termasuk Soal Konektivitas

MANILA - Kerja sama-kerja sama subregional seperti Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT&

BERITA LAINNYA
Rabu,15 November 2017 - 18:22:42 WIB

Walikota Buka Sosialisasi Penguatan Dasawisma se Kota Dumai

DUMAI – Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi Penguatan D

Selasa,14 November 2017 - 18:19:37 WIB

Via Video Conference, Wamen ESDM Groundbreaking Pembangunan Pipa Gas Duri-Dumai

DUMAI - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan groundbreaking pembangunan pip

Sabtu,18 November 2017 - 15:35:50 WIB

Memeriahkan HKN ke 53 Pemkab Rohil Gelar Berbagai Kegiatan

ROKAN HILIR - Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau di


BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI