246 CJH Asal Dumai Akan Gunakan Pesawat Menuju Embarkasi Batam

246 CJH Asal Dumai Akan Gunakan Pesawat Menuju Embarkasi Batam
Ilustrasi

DUMAI - Keberangkatan 246 calon jamaah haji (CJH) Dumai menuju embarkasi Batam, Kepulauan Riau direncanakan akan menggunakan pesawat.

Tahun-tahun sebelumnya, seluruh calon jamaah menuju embarkasi Batam selalu melalui jalur laut. Sata ini, Pemko Dumai terus mematangkan persiapan memberangkatkan calon jamaah haji tersebut menggunakan pesawat.

Salah satu persiapan yang dilakukan menggelar rapat koordinasi dengan Kementerian Agama dan pihak terkait.

“Kesepakatan awal direncanakan pemberangkatan calon haji tahun ini dari Pekanbaru, namun turun edaran Menteri Agama bahwa belum bisa melalui Pekanbaru dan tetap melalui Batam,” ungkap Walikota Dumai H. Zulkifli As kepada wartawan, kemarin.

Disebutkan, Pemko Dumai bekerjasama dengan salah satu maskapai penerbangan yang rutin melayani penerbangan ke dan dari Batam di bandara setempat dengan membuat kesepakatan terlebih dahulu.

Selain itu, Pemko Dumai sejauh ini baru membahas secara lisan dengan pihak maskapai, dan terkait anggaran mereka bisa bekerjasama sesuai dengan anggaran daerah tersedia.

Sebelumnya, Kepala Seksi Urusan Haji Kementerian Agama Kota Dumai H. Zakaria mengatakan, pemberangkatan jamaah calon haji musim 2017 dilaksanakan di Pekanbaru Riau, dan tidak lagi di Batam, Kepulauan Riau.

“Mulai tahun ini pelaksanaan haji Dumai tidak lagi ke Embarkasi Batam, karena Riau sudah punya embarkasi antara di Pekanbaru,” kata Zakaria kepada wartawan.

Menurutnya, pemindahan embarkasi ini sudah dikoordinasikan dengan panitia haji Kemenag Riau, Pemerintah Provinsi Riau, Kemenag Dumai dan Pemko Dumai untuk teknis persiapan dan pelaksanaan.

Calon haji asal Dumai sebelumnya berangkat ke Embarkasi Batam Provinsi Kepulauan Riau menumpangi jasa kapal feri ke Pelabuhan Sekupang Batam.

Sedangkan jumlah antrian masyarakat ingin berhaji di Kota Dumai menurut catatan Kemenag setempat sudah membludak mencapai 4 ribuan orang pada 2016 lalu atau hingga keberangkatan 18 tahun ke depan. (Fokusriau)

#Jemaah Calon Haji

Index

Berita Lainnya

Index