Program DMIJ Bupati Wardan Tingkatkan Pembangunan di Desa Selat Nama

Program DMIJ Bupati Wardan Tingkatkan Pembangunan di Desa Selat Nama
Tanah Merah - Program Desa Maju Inhil Jaya yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) di bawah kepemimpinan Bupati H M Wardan diakui efektif membangun Inhil secara merata melalui perangkat desa di seantero negeri Hamparan Kelapa Dunia tersebut. Sudah banyak desa yang menyatakan hal itu, termasuk Desa Selat Nama di Kecamatan Tanah Merah, Inhil, saat dikunjungi wartawan.
 
"DMIJ itu memperkuat pemberdayaan dan operasional di desa-desa dan ini sangat membantu. Kalau dulu, kita di desa hampir tak dapat membangun apa-apa. Hal ini akibat anggaran desa yang kita miliki sangat kecil. Kalau sekarang, jauh perbedaannya. Banyak yang dapat kita bangun, Alhamdulillah berkat DMIJ tercover semua kebutuhan, " ungkap Revi Alamsyah, Kepala Desa Selat Nama.
 
Untuk Selat Nama, tak jauh berbeda dengan desa lainnya di Inhil, selain operasional pemerintah desa anggaran DMIJ banyak digunakan demi pembangunan infrastruktur. Seperti jalan desa, jerambah, jembatan, bahkan Kantor Desa.
 
"Khususnya jalan-jalan desa dan jerambah. Ini yang lebih banyak kami fokuskan. Hal ini karena kebutuhan itu yang paling menjadi prioritas disini.. Maklumlah, dulu pembangunan desa hampir dikata tak ada. Kalau pun ada, paling berapa meterlah. Walaupun kini dengan DMIJ belum semua jalan dan jerambah desa yang bagus, tapi lihatlah, kini sudah mayoritas jalan-jalan disini sudah diperbarui," papar Revi pula.
 
Pembangunan yang geliatnya sangat kencang sejak DMIJ diluncurkan tahun 2014, sambungnya, semakin pesat ditambah pemerintah pusat dan provinsi yang turut pula memberi bantuan dana bagi desa di 2015 lalu.
 
"Apalagi tahun lalu, pusat dan provinsi kan turut pula menurunkan anggarannya untuk desa. Makanya, pembangunan yang memang sudah mulai gencar tahun sebelumnya, makin tak terbendung lagi. Jalan-jalan, jerambah dan pembangunan infrastruktur lainnya bagai disulap saja sekarang. Termasuk Kantor Desa ini, kalau tak dengan itu, manelah kantor kami ni nak berkeramik," imbuh Revi riang sambil memamerkan lantai kantornya yang telah berkeramik.
 
Untuk itulah Revi berharap agar program pembangunan desa khususnya DMIJ jangan sampai terhenti pelaksanaannya. "Alhamdulillah sudah tiga tahun kami dapat membangun kampung dari DMIJ. Kami berharap agar ini dapat terus terlaksana. Jangan sampai seperti Provinsi yang tahun ini tak menganggarkan lagi," pungkasnya. (Adv/Dex)

#Pemkab Inhil

Index

Berita Lainnya

Index