Jelang Pilkades Serentak, Kadus Dituntut Berperan Aktif

Jelang Pilkades Serentak, Kadus Dituntut Berperan Aktif
Bupati Bengkalis, diwakili Plt Sekretaris Daerah Bengkalis, Arianto saat membacakan sambutan Bupati Bengkalis.

BENGKALIS – Jelang pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, Kepala Dusun (Kadus) harus berperan aktif dalam menjaga situasi harmonis, agar tetap kondusif.

“Pada tahun ini, sebanyak 96 Desa di Kabupaten Bengkalis akan melaksanakan Pilkades serentak. Untuk itu kepada Kadus yang di Desanya melaksanakan Pilkades, agar gencar melakukan sosialisasi dan menciptakan situasi harmonis di Daerahnya,” ungkap Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, diwakili Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah, Arianto, pada pembukaan Pelatihan Peningkatan Kapisitas Kadus se-Kabupaten Bengkalis Tahun Anggaran 2017, di lantai IV Kantor Bupati Bengkalis, Rabu, (17/5/2017).

Selain itu, sebagai salah satu aparatur Pemerintahan Desa (Pemdes), Kadus harus menggerakkan  partisipasi swadaya dan gotong royong masyarakat dalam membangun Desa, berperan aktif dan memaksimalkan pelaksanaan siskamling, serta berperan sebagai garda terdepan dalam mengatasi terjadinya karhutla di Desanya,” ungkap Arianto.

Lebih lanjut, Arianto mengatakan, Kadus mesti memiliki kemampuan yang memadai, sikap pandangan yang visioner, prilaku disiplin, fleksible, profesional, serta setia dan loyal pada sistem penyelenggaraan Pemdes dan pimpinan, guna untuk kejayaan Desa tersebut kedepannya.

Selain itu, kreatifitas dan inovasi harus dimiliki para Kadus, sehingga dapat memaksimalkan pendayagunaan potensi-potensi yang ada di Desa untuk mewujudkan kemajuan Desa.

“Perlindungan masyarakat, mobilitas kependudukan, penataan dan pengelolaan wilayah, termasuk upaya pembinaan dan pemberdayaan masyarakat dalam menunjang kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, itu merupakan salah satu tanggung jawab seorang Kadus,” kata Kepala Dinas Pertanian itu.

Arianto menilai, pelatihan tersebut, merupakan kegiatan yang dapat meningkatkan kapasitas Kadus ini sebagai upaya Pemerintah untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan aparatur Pemdes dalam menjalankan tugas, pokok dan fungsinya serta dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. (hms)

#Pemkab Bengkalis

Index

Berita Lainnya

Index