Ratusan Medali Olimpiade Dikembalikan Karena Berkarat

Ratusan Medali Olimpiade Dikembalikan Karena Berkarat

RIO DE JANEIRO - Sekitar 130 keping medali Olimpiade 2016 Rio de Janeiro dikembalikan kepada panitia penyelenggara karena kondisinya memburuk. Kualitas yang kurang oke atau salah penanganan?

Menurut laporan Reuters medali-medali yang dikembalikan itu sebagian besar adalah medali perunggu dan medali untuk paralimpian. Setelah sembilan bulan disimpan, medali tersebut berkarat dan muncul bercak-bercak hitam. 

Juru bicara Olimpiade Rio Mario Andreda mengakui kejadian itu. Saat ini, medali-medali itu tengah diperbaiki oleh Brazilian Mint, perusahaan yang membuat medali-medali tersebut. 

"Yang paling banyak, medali tersebut terjatuh atau salah penanganannya. Akibatnya, vernisnya luntur dan berkarat atau muncul noda hitam pada bagian medali yang rusak," kata Andrada seperti dikutip Reuters.

"Masalah kedua yang sangat jarang terjadi, sekitar sepuluh kasus, ada kaitannya dengan cuaca dingin yang ekstrem," ungkap dia. 

Andrada mengatakan masalah itu muncul pertama kali pada Oktober tahun lalu. Dia menilai kasus itu wajar. 

Dia juga memastikan kalau produsen medali akan memperbaiki semua kerusakan dan mengembalikan medali-medali itu kepada pemiliknya. 

Menjelang Olimpiade, Brazilian Mint memproduksi 2.488 medali Olimpiade dan ratusan keping untuk ajang Paralimpiade. Untuk medali perak dan perunggu, dibuat dengan komposisi 30% bahan daur ulang. (dtk/dtk)

Berita Lainnya

Index