Asupan Bergizi Faktor Penting Kembangkan SDM Berkualitas

Asupan Bergizi Faktor Penting Kembangkan SDM Berkualitas
Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Kasmarni didampingi suami saat meninjau lomba cipta menu pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) tingkat Kabupaten Bengkalis, Selasa (23/5/2017)

BENGKALIS - Asupan makanan yang mengandung zat gizi merupakan salah satu faktor penting dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan faktor kunci dalam keberhasilan pembangunan bangsa.

Demikian disampaikan Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bengkalis, Kasmarni, saat memberi sambutan pada acara pembukaan lomba cipta menu pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) tingkat Kabupaten Bengkalis, Selasa (23/5/2017), di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis.

“Seorang ibu harus menyiapkan menu yang sehat untuk keluarganya, dengan mengedepankan keragaman bahan, kandungan zat gizi pada bahan, keterjangkauan ekonomi untuk memperolehnya, dan tingkat kesukaan anggota keluarga terhadap menu yang disajikan,” ungkap Kasmarni.

Kasmarni mengatakan, SDM yang berkualitas, yaitu yang memiliki fisik yang tangguh, mental yang kuat, kesehatan yang prima dan otak yang cerdas, yang sangat ditentukan oleh asupan gizi yang baik sejak dari ibu hamil, menyusui dan balita, sehingga hasilnya akan terlihat sampai ia dewasa.

Lebih lanjut Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis mengatakan, lomba cipta menu pangan B2SA ini memanfaatkan pontensi sumber daya lokal, hal ini dimaksudkan untuk mengajak masyarakat, khususnya kaum ibu agar mengerti tata cara menyajikan pangan beragam, bergizi seimbang dan aman dengan biaya relatif murah.

Keikutsertaan dalam lomba ini, imbuhnya, bukan sekedar mengejar juara, tetapi bagaimana memahami dan mensosialisasikan betapa pentingnya menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman.

“Kedepan seluruh dasawisma di Kabupaten Bengkalis, harus lebih kreatif dan inovatif dalam mengolah makanan lokal, agar menjadi pendorong penghasilan tambahan bagi keluarga serta meningkatkan pendapatan keuangan rumah tangga,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama mantan Camat Pinggir juga menyerahkan piala dan uang pembinaan kepada tiga pemenang lomba.

Juara pertama diperoleh Kecamatan Bantan dengan perolehan nilai 36,2 poin. Wilayah yang dipimpin Syamsul Bahari ini menampilkan menu lontong sangyam, sate tempe ikan laut padang, kuah sate jagung, snek gulung udang pedas manis, jus naspaylan sosis udang dan tahu pepes.

Atas prestasi tersebut Kecamatan Bantan berhak memperoleh piala bergilir, sebelumnya diperoleh Kecamatan Pinggir.

Juara kedua diperoleh Kecamatan Mandau dengan nilai 35,6 poin. Menampilkan menu nila asam manis, siomai pitulo dan aneka jus. Juara ketiga diperoleh Kecamatan Bengkalis dengan nilai 34,6 poin. Menampilkan menu bubur jagung ayam, goreng kacang kedelai, nasi ubi rumput laut, dan aneka jus. (hms)

#Pemkab Bengkalis

Index

Berita Lainnya

Index