Wartawan Riau Berduka

Diawal Bulan Penuh Berkah, Wartawan Tiga Zaman Ini Telah Pergi

Diawal Bulan Penuh Berkah, Wartawan Tiga Zaman Ini Telah Pergi
H Muljadi (kiri). Foto IST

PEKANBARU - Innalilahiwainailahi rajiun, wartawan senior di Pekanbaru, Riau, H Muljadi Sabtu (27/5/2017) pukul 18.10 WIB, menghembuskan nafas terakhirnya di RSUD Ariffin Ahmad, dalam usia 74 tahun. Kepergian wartawan "Pak Haji" senior ini membuat keluarga besar wartawan di Riau berduka.

Ketua PWI Riau, H Dheni Kurnia menyampaikan belasungkawa yang mendalam. "Kita kehilangan wartawan terbaik, seorang jurnalis yang tak kenal lelah meski di usia senjanya. Almarhum adalah mentor dan inspirator bagi kami para penerusnya," ujar Dheni.

H Muljadi lahir di Bandung 18 April 1943. Setamat Fakultas Sastra Prancis, UNPAD, beliau menjadi Wartawan Pikiran Rakyat Bandung. Kemudian, pindah ke Jakarta dan menjadi wartawan Sinar Harapan. Setelah menikah dengan Wan Fauziah, putri mantan Walikota Pekanbaru, Wan Abdurrahman, almarhum pindah ke Pekanbaru, menjadi koresponden Sinar Harapan.

Ketika Sinar Harapan dibredel dan lahir Suara Pembaruan, Muljadi bertahan di Suara Pembaruan sampai pensiun tahun 2.000. Setelah pensiun, almarhum menjadi koresponden lepas di Suara Pembaruan dan menulis di berbagai media di Riau, Sumbar dan Jakarta hingga akhir hayatnya.

Sampai tutup usia, H Muljadi Sudah menulis 5 buah buku tentang perjalanan jurnalistik.

Amarhum meninggalkan seorang anak, Muhammad Emille Zola dan dua orang cucu. Selama menjadi wartawan, sudah menunaikan rukun haji sebanyak 6 kali dan berkeliling dunia dalam tugas tugas jurnalistik. Antara lain ke wilayah Asia Tenggara, Asia, Eropa dan Amerika. Almarhum juga pernah menyambangi Makam Sjech Yusuf di Afrika Selatan.

Tutup usia dalam umur 74 tahun, membuat para sahabatnya merasa kehilangan. "Beliau adalah panutan bagi kami yang muda-muda. Semoga beliau mendapat tempat terbaik di sisi Allah," ujar Dheni.

Selamat Jalan Bang Mul, abang adalah kenangan abadi dalam sejarah perjalanan jurnalistik di negeri ini, juga bagi kami sahabatmu di Riau. (Hrc)

#PWI Riau

Index

Berita Lainnya

Index