*Wawako Safari di Mesjid Al Ikhlas Kelurahan Bagan Besar

Zul As - Eko Komit Wujudkan Visi Dumai Makmur dan Madani

Zul As - Eko Komit Wujudkan Visi Dumai Makmur dan Madani

DUMAI - Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo menegaskan Walikota H Zulkifli As dan dirinya komit mewujudkan Visi Kota Dumai "Mewujudkan Masyarakat Kota Dumai Makmur Madani". Komitmen itu akan diwujudkan secara bertahap dengan mengedepankan skala prioritas.

Penegasan ini disampaikan Eko pada Safari Ramadhan di Mesjid Al Ikhlas Jalan Tengku Ahmad Kelurahan Bagan Besar Kecamatan Bukit Kapur, Sabtu (3/6/2017).

Eko mengemukakan, pemerintan Kota Dumai periode ini baru berjalan 1 tahun 4 bulan. "Visi Makmur madani itu akan dijalani. Perjalanan ini tentunya penuh dinamika. Dan komitmen itu akan kita dilaksanakan," katanya.

Dari 20 misi yang akan dilaksanakan Pemko Dumai pada tahap asal akan difokuskan ke pelayananan dasar. Selain melalui APBD Kota Dumai juga akan minta dukungan dari provinsi dan pusat. "Bermohon ke provinsi dan pusat. Boleh kan kita minta. Kan masih NKRI," katanya sambil tersenyum.

Perlunya dukungan provinsi dan pusat ini, sebut Wawako, karena APBD Kota Dumai termasuk yang terkecil di Riau. Tahun ini hanya 1,07 Triliun. Sementara jumlah penduduk 274 ribu jiwa dengan wilayah kota terluas di indonesia. Dengan anggaran yang terbatas itu, Pemko Dumai saat ini masih memprioritaskan dari infrastruktur jalan, air bersih dan mengatasi banjir.

"Kondisi tanahnya juga bermasalah. Sebagian merupakan tanah gambut dan lempung. Agak susah membangun. Perlu biaya besar, wilayahnya luas, anggaran terbatas. Kondisinya itu mengharuskan untuk berbagi. Masih banyak jalan tanah dan setapak," urainya.

Menyinggung pendidikan, Eko mengemukakan bahwa pendidikan di Kota Dumai harus mampu menjawab tantangan sebagai kota industri. Harus diperbanyak jurusan atau vokasi untuk memenuhi kebutuhan industri yang tengah berkembang.

Terkait kemaritiman, Pemko Dumai akan dirikan politeknik kemaritiman dengan biaya sepenuhnya dari pusat. Bangunan, tahap awal akan memanfaatkan areal Terminal Agrobisnis.

"Yang dibutuhkan teknik industri, teknik kimia, maritim dan lain-lain. Jangan tenaga administrasi yang dipwrbanyak. Tidak nyambung," katanya.

Safari Ramadhan juga menyerahkan hibah bantuan dana Rp 12,5 juta kepada pengurus masjid. "Kami akan berusaha mengunjungi rumah ibadah belum pernah tersentuh bantuan, dan meski tidak seberapa tapi diharap bisa bermanfaat untuk kelanjutan pembangunan," tutup Eko.

Pada Safari kali ini, Wawako didampingi Dandim 0320 Letkol (Kav) Rendra Adrian Siagian, Kepala Bapenda Marjoko Santoso, Kepala Disdukcapil Suardi, Kepala Satpol PP Bambang Wardoyo, PLT Kadis Perikanan Afifuddinsyah, PLT Kadinsos Bambang Hardianto, Sekwan Fidarson dan PLT Kadis Perkim Zulkarnaen. ***

Berita Lainnya

Index