Hanya Gara-gara Brondolan Sawit, Iwan Tega Aniaya Suami Kakak Sepupunya Hingga Tewas

Hanya Gara-gara Brondolan Sawit, Iwan Tega Aniaya Suami Kakak Sepupunya Hingga Tewas

PEKANBARU - Sehari setelah memukul hingga menyebabkan suami kakak sepupunya tewas, Iwan diserahkan keluarganya ke jajaran Polres Pelalawan di Polsek Sei Kijang. Dia juga didampingi kuasa hukumnya dan tengah diproses di Mapolsek tersebut untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kapolres Pelalawan Ajun Komisaris Besar Polisi Kaswandi Irwan SIK menyebut pelaku diserahkan keluarganya pada Sabtu 10 Juni 2017. Sementara pelaku menyebabkan kakak sepupunya menjadi janda pada Jumat 9 Juni 2017.

"Korban bernama Jinter Sianipar disebut pelaku mencuri brondolan sawit (buah sawit terlepas dari tandan) miliknya," kata mantan Kasubdit I Reserse Kriminal Khusus Polda Riau ini, Minggu (11/6/2017) siang.

‎Kaswandi menerangkan, pelaku yang memiliki kebun sawit di Desa Muda Setia, Kecamatan Sei Kijang, selalu kesal karena sawit yang siap dipanen selalu dicuri. Pelaku berusaha mencari tahu siapa orang yang sering masuk ke kebunnya.

Dan kebetulan pada Jumat 9 Juni, korban Jinter Sianipar datang ke kebun pelaku bersama temannya. Karena kesal, pelaku kemudian menuduh suami dari kakak sepupunya itulah yang mencuri buah sawitnya.

"Ketika itu pelaku bertanya kenapa membawa buah kepala sawit. Pelaku juga menyebut sering kehilangan buah sawit ketika korban masuk ke kebunnya," kata Kaswandi.

Dituduh mencuri, korban berusaha menjelaskan bahwa dirinya hanya mencari brondolan atau buah sawit terlepas dari tandan dan tercecer di tanah.‎ Penjelasan ini membuat pelaku marah serta mendorong korban hinga terjadi cekcok mulut.

Pelaku kemudian memukul korban tepat di bagian pangkal hidungnya. Tak ingin berkelahi karena masih satu keluarga, korban langsung pergi dan sempat berkata tidak diterima dituduh serta diperlakukan seperti pencuri.

Dalam perjalanan memakai sepeda motor untuk pulang, tiba-tiba saja korban lemas dan berhenti. Tak lama kemudian, korban langsung tak sadarkan diri dan langsung dibawa temannya ke bidan. Hasil pemeriksaan korban dinyatakan meninggal dunia.

"Diduga korban meninggal akibat pukulan dari pelaku," tegas Kaswandi.

Kabar tewasnya korban tentu saja membuat pelaku kaget. Setelah keluarganya berembuk, pelaku diantarkan ke Mapolsek setempat untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Pelaku sudah ditahan dan dilakukan penyidikan olek Polsek," kata Kaswandi. (Frc)

Berita Lainnya

Index