• Follow Us On : 

Pemkab Inhil Peroleh Opini WTP BPK Riau, Bupati Wardan Sebut Ini Adalah 'Kado Terindah' Milad Inhil Ke - 52


Dedek Pratama | Senin,12 Juni 2017 - 23:45:23 WIB
Dibaca: 463 kali 
Pemkab Inhil Peroleh Opini WTP BPK Riau, Bupati Wardan Sebut Ini Adalah 'Kado Terindah' Milad Inhil Ke - 52

 

Pekanbaru - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Provinsi Riau untuk laporan keuangan tahun 2016. Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan menyebut ini adalah 'Kado Terindah' untuk Milad Kabupaten Inhil Ke - 52 tahun 2017.

Betapa tidak, perolehan WTP tersebut memang telah sejak lama menjadi dambaan Pemkab Inhil. Pasalnya, selama ini Kabupaten Inhil belum pernah sama sekali mendapatkan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan daerah dengan predikat terbaik seperti ini.

"Alhamdulillah, hari ini kita (Pemkab Inhil, red) memperoleh opini WTP yang memang menjadi dambaan dan harapan kita. Ini merupakan aplikasi dari kerja keras dan upaya keras kita. Ini adalah 'Kado Terindah' untuk Milad Inhil tahun ini," ujar Bupati Wardan saat wawancara usai Penyerahan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Tahun 2016 Pemerintah Kabupaten / Kota se - Provinsi Riau, Senin (12/6/2017) siang.

Bupati Wardan mengatakan, perolehan opini WTP ini tidak hanya hasil dari kerja keras sebuah lembaga, melainkan hasil dari kerja keras bersama lintas kelembagaan di Kabupaten Inhil.

"Kita telah bersama telah bekerja keras dan menunjukkan prestasi gemilang dan kinerja yang cukup baik. Raihan ini menjadi motivasi bagi kita kedepannya untuk dapat secara konsisten menjaga prestasi gemilang dan kinerja yang baik ini," kata Bupati.

Perjuangan memperoleh opini WTP, dikatakan Bupati Wardan bukanlah suatu hal yang mudah. Namun, lanjutnya, perolehan ini adalah titik awal untuk terus menunjukkan kinerja pengelolaan keuangan yang baik demi menuju tata kelola pemerintahan Kabupaten Inhil yang baik pula.

"Mendapatkan memang berat, tapi mempertahankan opini WTP ini akan lebih berat lagi di masa yang akan datang. Untuk itu, kinerja perlu kita pertahankan bahkan ditingkatkan, salah satunya adalah melalui peningkatan kedisiplinan dalam menjalankan tugas di seluruh lini Pemerintah Kabupaten Inhil," papar Bupati Wardan.

Senada dengan Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Inhil, H Said Syarifuddin menyatakan, keberhasilan memperoleh opini WTP tersebut, tidak lain adalah berkat dari kerja keras lintas lembaga di Kabupaten Inhil.

"Dalam penertiban administrasi keuangan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil, kami memiliki tim penyusun LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) tersendiri. Hal - hal detil begitu diperhatikan dalam proses penyusunan, seperti halnya SPPD dan lain sebagainya. Tugasnya juga memenuhi informasi dan data yang diperlukan untuk penyusunan laporan," ujar Said Syarifuddin.

Kedepan, Said Syarifuddin berharap kepada seluruh jajaran aparatur negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil agar dapat senantiasa berpediman pada regulasi yang berlaku dalam menjalankan tugas.

"Jadikan raihan ini sebagai motivasi untuk bekerja lebih baik kedepannya. Jangan terlalu cepat puas dengan apa yang diperoleh saat ini. Bekerjalah dengan prinsip kehati - hatian," imbau Sekda.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Inhil, Pahrolrozy begitu bersyukur atas torehan prestasi pelaporan keuangan daerah tersebut. Menurutnya, perolehan opini WTP ini memang telah sejak dulu diperjuangkan, namun upaya untuk memperoleh WTP tersebut baru membuahkan hasil pada tahun 2016.

"Tentunya ini merupakan suatu hal yang luar biasa, mengingat perjuangan yang tidak henti - hentinya kita lakukan selama ini untuk memperoleh WTP yang akhirnya berhasil didapat untuk pelaporan keuangan tahun 2016 di bawah kepemimpinan Bupati Wardan," kata Pahrolrozy.

Pada kesempatan ini, Pahrolrozy mengucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang telah memberikan dukungan dan turut berpartisipasi sehingga Pemerintah Kabupaten Inhil dapat meraih opini WTP dari BPK Provinsi Riau.

Sebelumnya, Kepala BPK perwakilan Provinsi Riau, Harry Purwaka S.E., MSF., Ak., CA., dalam sambutannya, memaparkan, terdapat empat jenis opini yang bisa diberikan oleh BPK dari hasil pemeriksaan laporan keuangan daerah, diantaranya adalah Wajar Tanpa Pengecualian, Wajar Dengan Pengecualian, Tidak Wajar dan Tidak Menyatakan Pendapat.

"Dalam penilaiannya, pemberian opini BPK ini didasarkan pada 4 (empat) kriteria yang terdiri dari kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan atau adequate disclosures, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern," terang Harry Purwaka.

Untuk diketahui, penyerahan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2016 ini dilakukan terhadap 5 (Lima) Pemerintah Kabupaten dan Kota se - Provinsi Riau, diantaranya ialah Kabupaten Indragiri Hilir, Kotamadya Pekanbaru, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak dan Kabupaten Pelalawan. (Adv/Dex)


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Minggu,16 April 2017 - 04:00:16 WIB

Pemkab Inhil Melalui Disporabudpar Selenggarakan 'Bupati Cup 2017'

Tembilahan - Guna mengembangkan Keolahragaan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (In

Selasa,25 Juli 2017 - 10:41:52 WIB

Bupati Wardan Minta CJH Anggota Korpri Pemkab Inhil Do'akan Kesuksesan Pembangunan Daerah

  Tembilahan - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan meminta Calon Jema'ah H

Kamis,09 November 2017 - 13:56:48 WIB

DPRD Harapkan Jajaran Pemkab Inhil Concern Jalankan Program Yang Dicanangkan

  Tembilahan - Ketua Komisi I (Satu) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indra

Selasa,22 Mei 2018 - 17:55:30 WIB

Tolak Aksi Teror, Pemkab Inhil Dan Forkopimda Nyatakan Sikap Bersama

  Tembilahan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) dan Forum Koordinasi

Sabtu,12 November 2016 - 15:01:46 WIB

MUI Desak Pemkab Kuansing Tertibkan Warung Remang-remang

KUANSING, Wahanariau -- Maraknya keberadaan warung remang-remang di kawasan Bukit Betabuh, Kecamatan

Rabu,02 Mei 2018 - 16:19:41 WIB

Pemkab Pelalawan Diminta Selektif Keluarkan Izin TK dan PAUD

PELALAWAN - Ternyata, masih ada sejumlah sekolah terutama TK/PAUD yang menempati rumah toko (ruko) d

BERITA LAINNYA
Rabu,14 November 2018 - 05:04:50 WIB

United Engine Corporation Has Presented The Latest Models of Russian Aircraft Engines in China

CHINA - Media OutReach - November 13, 2018 - United Engine Corporation (part of

Selasa,13 November 2018 - 11:46:56 WIB

H Syamsuddin Uti Kunjungi Rumah Sakit Tengku Sulung, Pulau Kijang

RETEH - Wakil Bupati Kabupaten Inhil terpilih H Syamsuddin Uti mengunjungi Rumah Sakit Tengku Sulung

Selasa,13 November 2018 - 10:00:18 WIB

EFT Solutions Announces FY2018/19 1H Results Revenue and Profit Increased Significantly by 91.6% and 225.7% Respectively

Financial Highlights   6 months ended 30 Sep HK$ mill

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI